Musdes Bajur Membahas RKP 2018

Labuapi.KIM. Masyarakat Desa Bajur kecamatan Labuapi Lombok Barat pada Rabu 27/09 berkumpul di aula kantor desa Bajur mengadakan musyawarah desa untuk membahas RKP (rencana kerja pemerintah) yang berisi program pembangunan dan pemberdayaan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Musyawarah ini dihadiri oleh berbagai kelompok dari masyarakat desa Bajur, mulai dari kepala desa dan staf, BPD (badan permusyawaratan desa) para kadus dan perwakilan masyarakat desa lainnya seperti kelompok karang taruna kelompok PKK, tenaga kesehatan, pemerhati pendidikan juga perwakilan kelompok tani. Turut hadir pula staf dari kecamatan Muliawan, S.Pd sebagai perwakilan camat Labuapi.

Dalam sambutannya kepala desa Bajur Ahmad Husni menyampaikan bahwa “pembangunan di desa dibutuhkan saling kerjasama antar elemen masyarakat dengan pemerintahan desa demi terselenggaranya pemerintahan yang bersih dan transparan, mengingat dana yang turun ke desa sangat banyak “. Tegasnya.

Dalam musyawarah ini para perwakilan dusun menyampaikan prioritas pembangunan di dusun mereka masing-masing. Diantaranya dusun Tempit mengusulkan pengelolaan sampah, bantuan rumah layak huni dan pembangunan sarana prasarana jalan begitu pula dusun yang lain banyak mengusulkan pengelolaan sampah.

Para perwakilan dari semua dusun sebagian besar mengusulkan sarana pengelolaan sampah. Munculnya usulan-usulan ini disebabkan karena masalah sampah disemua dusun diwilayah desa Bajur sudah sangat menghawatirkan. Warga sudah tidak punya pilihan lain untuk buang sampah kecuali hanya dikali atau saluran, sehingga mengakibatkan beberapa saluran sungai tersumbat, ini tentunya akan sangat membahayakan masyarakat itu sendiri.

Berbeda dengan beberapa bulan yang lalu warga masih bisa membuang sampah di pekarangan milik warga karena permintaan warga tersebut untuk menimbun pekarangannya. Kim Albajuri/Musleh

print