Musrenbang Diharapkan Mampu Beri Dampak Positif Pembangunan

Narmada – KIM. Setelah Musrembang tingkat desa rampung di 21 desa se-Kcamatan Narmada, akhirnya Pemerintah Kecamatan Narmada menggelar Musrembang tingkat kecamatan untuk tahun 2018 di Gedung Asrama Haji Narmada, Senin (6/2) lalu.
Agenda tahunan tersebut dihadiri oleh anggota DPRD propinsi NTB Dapil Lombok Barat-KLU, M. Sabirin, SIP, anggota DPRD Lombok Barat Dapil Narmada dan Lingsar, Kepala Bappeda Lobar Dr. H. Baihaqi,  SKPD terkait, dinas Nipo Kecamatan serta kepala desa se kecamatan Narmada dan sejumlah nara sumber lainnya.

Camat Narmada Abdul Manan, S.Sos ketika membuka Musrembang tersebut memberi  apresiasi dan memotivasi bagi seluruh desa yang sudah melaksanakan Musrembangdes di semua desa. Selain itu lewat Musrembang diharapkan akan menghasilkan kegiatan serta program yang mampu membawa dampak positif bagi keberlanjutan pembangunan masyarakat di desa untuk di teruskan dan dikaji ke tingkat kabupaten.
Manan sapaan akrabnya juga berharap agar Musrembang di tingkat kabupaten nanti bisa mendengar aspirasi masyarakat Kecamatan Narmada. Dimana hasil Musrembang Kecamatan akan di teruskan dan dikaji tim kabupaten untuk dibahas lebih lanjut ke tingkat propinsi NTB.
Anggota DPRD NTB Dapil Lobar KLU  Sabirin, S.IP pada kesempatan tersebut berharap agar Musrembang bisa mengedepankan program yang lebih banyak menyentuh kebutuhan mayarakat seperti pembangunan infrastruktur dan program yang berintegrasi dengan desa. Ia berjanji akan mengawal Musrembang tingkat kabupaten Lombok Barat yang menjadi kajian di tingkat Propinsi.

Ungkapan yang sama juga dikatakan,  Kepala Bappeda Dr. H.Baihaqi. Menurutnya,  melalui Musrembang ini bagaimana menyerap aspirasi masyarakat, termasuk angka partisipatif masyarakat, semua rencana pembangunan sesuai rencana pembangunan jangka menengah, RPJMD Kabupaten yang diperkuat aturannya oleh UU nomor 25. Tahun 2014. Selain itu Perda tahun 2015 tentang petunjuk teknis terkait Musrembang. “Semua kecamatan memiliki bagian masing masing, mulai pembentukan tim fasilitasi dari kabupaten sampai menjadi tanggung jawab camat. Adapun yang menjadi skala prioritas dalam menyusun Musrembang Kecamatan yakni dalam bidang sosial budaya, ekonomi dan sarana prasarana pembangunan termasuk jalan dan irigasi..(Dedy –  KIM Berdaya Saing Narmada)

print