NTB Care Jadi Wadah Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Gerung, Kominfo. Nusa Tenggara Barat (NTB) Care hadir untuk bisa betul-betul membuat pemerintah hadir di tengah masyarakat.  NTB Care harus teraplikasi dengan baik dan menjadi wadah bagi masyarakat dan pemerintah, dan nantinya kabupaten/kota di NTB akan terbantu, serta setiap masalah dapat diatasi dengan tepat sasaran.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik provinsi NTB, Tri Budi Prayitno, M.Si menyatakan, sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi NTB Care bertujuan agar apa yang dilakukan dapat bermanfaat.

“Semoga sistem ini menjadi media yang bisa menghadirkan seolah-olah Pemerintah Daerah ada dimana-mana, di tengah masyarakat. Jangan sampai sudah ada pemerintah yang baik tapi masyarakat masih merasa tidak ada tempat mengadu,” kata Budi di Gerung, Lombok Barat, Kamis (31/1).

Sosialisasi dan bimbingan teknis aplikasi NTB Care tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kominfo Statistik Kabupaten Lombok Barat, Budi Darmajaya, MM dengan peserta  dari seluruh Kepala OPD dan Camat se Lombok Barat.

Dikatakan, kabupaten/kota bisa saling mensupport dalam melayani masyarakat. Dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan dengan prinsip gotong royong dan saling bersinergi, sehingga hasilnya akan lebih baik.  “Bimtek kali ini harus betul-betul dipahami, sangat simple, dan hal ini harus berjalan untuk bisa melayani masyrakat NTB,” jelasnya.

Kepala Dinas Kominfotik, Tri Budi Prayitno juga menyampaikan, bahwa proses hadirnya aplikasi ini begitu cepat, lahir langsung dari buah pikiran Wakil Gubernur pada bulan Juli 2018 lalu. Untuk saat ini, aplikasi NTB Care tersedia di Handphone berbasis Android saja dan mulai hari ini NTB Care akan mulai diuji coba.

“Jangan sampai ada hoax, dan harapan kita bersama adalah menghadirkan pemerintah di tengah masyarakat bisa terwujud,” kata Tri Budi.

Yasrul S. Kom., M. Ing teknisi NTB Care dari Diskominfotik NTB menambahkan, saat ini aplikasi NTB CARE sudah siap untuk dipakai.

Kehadiran perwakilan OPD se Lombok Barat nantinya bertugas sebagai admin yang akan menerima terusan pengaduan masyarakat dan harus secepat mungkin merespon aduan masyarakat. “Terdapat dua komponen dari aplikasi NTB Care, yaitu admin sistem dan admin OPD. Tak hanya itu, ada komponen lain yakni ‘volunteer’ yang tugasnya mengecek kebenaran pengaduan tersebut,” kata Yasrul. (her-Kominfo)

print