NTB Ekspo, Media Kreasi dan Inovasi Produk Unggulan Daerah

Labuapi, Kominfo – Pemerintah Provinsi NTB kembali menggelar NTB Ekspo ke 16 di Techno Park Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat, Rabu (5/12/2018). NTB Ekspo ini juga merupakan rangkain kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) NTB ke 60. Peserta selain berasal dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) juga diiikuti 10 Pemerintah Kabupaten/Kota se NTB yang menampilkan berbagai produk unggulan di daerahnya masing-masing.

Wakil Gubernur NTB, Hj. Siti Rohmi Djalilah menyatakan, NTB ekspo bisa dijadikan wadah untuk memperkenalkan segala potensi dan keunggulan daerah agar bisa dikenal tidak saja dalam tataran local, namun juga secara nasional, bahkan internasional.

“Jadi NTB Ekspo ini juga bisa menjadi media untuk berkreasi dan berinovasi terhadap potensi daerah agar bisa berdayasaing dengan daerah lainnya menuju NTB yang semakin maju dan gemilang,” kata Rohmi.

Dikatakannya, meski NTB belum lama ini diberikan ujian berupa gempabumi yang cukup dahsyat, namun hendaknya tidak larut terus-menerus dalam kesedihan. Namun NTB harus tetap bangkit dan kembali pada posisi semula sebagai daerah yang memiliki semangat untuk tetap bangkit dari keterpurukan dan ketertinggalannya dalam pembangunan.

Wagub menyadari jika suatu produk unggulan daerah terkendala akan persoalan pemasaran, harga jual ataupun kualitas produk itu sendiri. “Namun bukan berarti kita hanya bisa berdiam diri dengan kondisi seperti itu. Kita harus tetap berikhtiar bagaimana produk NTB itu bisa bersaing di pasar. Salah satu carannya yakni memperbaiki kualitas produk dan mampu melakukan inovasi sebagai strategi meningkatkan pasar,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM NTB, HL. Saswadi menjelaskan, NTB Ekspo ini berlangsung mulai 5 Desember hingga 9 Desember 2018. Kegiatan ini untuk menjajakan berbagai produk unggulan NTB yang penuh dengan nilai kearifan local. Dengan demikian NTB akan semakin diperhitungkan di tingkat nasional dan internasional. MC. Lombok Barat/her/rasidibragi

print