Nuansa Ceria Warnai Pertemuan Rutin KIM Lobar

Narmada KIM, Suasana pertemuan nampak santai, terlihat dari raut muka para anggota kelompok informasi masyarakat (KIM) Lobar yang hadir, keceriaan berbalut canda yang muncul dari para anggota dan tak jarang keluar candaan-candaan yang mengundang tertawa lepas dari semua anggota yang hadir, namun dibalik kesantaian dan keceriaan tersebut terdapat out put (hasil) yang cukup signifikan dan demikian itu menjadi rencana tindak lanjut dimasa mendatang.

Bertempat di Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada pertemuan rutin kelompok informasi masyarakat ini berlangsung, kemarin 12/02/2017, persisnya di rumah ketua forum KIM Lombok barat (Abdul Satar). Layaknya seperti acara pada umumnya tuan rumah menyampaikan sambutan kepada para tamunya, terlebih satar adalah seorang ketua forum dan sekaligus editor disetiap berita yang masuk sebelum diposting pada website KIM kabupaten Lombok Barat.

Layaknya disetiap pertemuan pada umumnya, kelompok informasi masyarakat Lombok Barat selalu bernuansa kekeluargaan baik dalam bertutur, bersikap, maupun pengambilan keputusan dalam laju diskusi yang biasa digelar atau lebih pantas forum ini di istilahkan kolektif kolegial yaitu pengambilan keputusan bukan terpaut pada tokoh central atau perorangan tetapi semua orang berhak berpendapat, yang kemudian menjadi keputusan bersama dan bersifat kekeluargaan.

Jalannya acara pertemuan rutin ini dipandu oleh sekretaris forum KIM Lombok Barat H. Musleh, dalam muqaddimahnya menyampaikan tentang keberadaan kelompok inormasi Lombok Barat yang sudah berusia genap enam tahun dan bertambahnya jumlah anggota, yang mulanya sepuluh KIM sesuai dengan jumlah kecamatan di Lombok Barat sekarang sudah bertambah menjadi Lima Belas KIM, dan rata-rata satu KIM anggotanya berjumlah sepuluh orang. Hanya sekedar usul kita sesekali mengadakan ulang tahun KIM karena sejauh keberadaan kita ini belum pernah berulang tahun, harap Musleh.

Sambutan ketua forum kelompok informasi Lombok Barat menyampaikan tentang surat keputusan (SK), masalah anggaran, terlebih ketua forum menekankan dan mengajak pada semua rekan-rekannya untuk menulis jangan karena ada honornya tetapi lebih pada mengasah kemampuan untuk terus belajar dalam mematangkan tulisan, sebagai editor berita juga dirinya menghimbau semua anggota KIM supaya beritanya ditingkatkan, dirinya mencontohkan judulnya berita tentang harga cabai namun yang ditampilkan gambar tomat, judulnya angin ribut gambarnya pohon bonsai yang tumbang jadi kurang nyambung. Hal ini juga disambut tertawa pecah dari semua anggota yang hadir.

16712047_1035963209840954_448022867667769144_nRasidi kabid di Diskominfo Lombok barat dalam sambutannya menjelaskan dirinya selalu mencari ruang dan peluang untuk kelompok informasi masyarakat jika bertandang ke Jakarta untuk kepentingan kunjungan kerja, dirinya mengaku bagaimana supaya KIM bisa bisa tetap eksis dan mempunyai payung hukum yang jelas dan kuat, baik dalam level pusat maupun daerah, rasidi juga menambahkan sangat berterima kasih kepada semua anggota KIM yang sudah menghiasi website Diskominfo Lombok Barat dengan tulisan-tulisannya. Beliau menyebutkan KIM gunung sari yang sangat aktif dalam pemberitaan disetiap peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Pada sesi diskusi dibuka Hernawardi sebagai kasi yang ditugaskan khusus mengurus KIM menegaskan untuk semua anggota kelompok informasi masyarakat supaya terus meningkatkan kualitas pemberitaan “harusnya kita sudah mulai menulis sejenis feature untuk pemberitaan” ungkap pak her sapaan akrabnya, disambung dengan kardinah anggota KIM dari Kecamatan Lingsar memberikan testimony sukses media komunitas KIM untuk mengangkat persoalan sosial ditengah-tengah masyarakat, dicontohkan mengenai dana BSM (bantuan siswa miskin) di Sekolah Dasar desanya sendiri.

Dari Pertemuan rutin ini ada beberapa hasil yang termuat dalam rencana tindak lanjut (RTL) yang diselesaikan secara bersama-sama, diantara kesepakatan bersama tersebut antara lain menghadap ke Bupati Lombok Barat semua anggota KIM minimal perwakilan dua orang terkait dengan SK KIM Lombok Barat, meningkatkan kualitas pemberitaan, penyusunan buletin kelompok informasi masyarakat, memfasilitasi buletin desa Mekar Sari, Desa Pakuan dan Desa Buwun Sejati dikecamatan Narmada karena desa-desa tersebut sudah dianggarkan pada APBDes nya. ungkap abdul satar pada closing statmennya. (Mustar)

print