Nyongkolan, Macetkan Arus Lalulintas

Kediri, KIM. Nyongkolan Minggu sore sepertinya cukup lumrah dikalangan sasak selain karena Minggu hari libur juga menjadi hari paforit bagi pasangan pengantin untuk memilih hari Minggu untuk nyongkolan.

Nyongkolan indentik dengan keramaian dan dan kemacetan, tak terkecuali di desa Kediri, Minggu (24/2) sore nyongkolan menyebabkan macet total hingga satu jam. Pengantin yang semula berbaris rapi dari Dusun Pelowok Timur menuju  Desa Kediri Selatan harus terpaksa membubarkan barisan dan melewati jalur trotoar.

Selain nyokolan,  kemacetan juga di picu dengan jadwal besuk Ponpes Nurul Hakim, kediri. Polisi terlihat kewalahn hingga terpasa memutar arah kendaraan dari Lombok  Tengah menuju Mataram memutar arah melewati jalur tikus pedesaan kediri selatan. Kemacetan tersebut sejauh hingg 700 meter dari Desa Datar hingga Dusun Teratai Kediri Selatan.

Banyak pengendara mengeluhkan kemacetan sebab jalan kediri adalah jalan satu satunya penghubung ke arah Mataram selain jalan BayPas.

Amak Masdan salah satu pengendara yang baru pulang dri Mataram ke Praya mengeluhkan, seandainya jalan di Kediri di buat dua jalur mungkin tdak seperti ini setiap kali ada acara adat nyongkolan. (Indie/Kominfo/KIM)

print