Pantai Endok Butuh Perhatian

Gerung KIM, Pantai Endok merupakan Satu – Satunya obyek wisata pantai yang berada di wilayah Kecamatan Gerung. Keberadaan dan Kondisinya yang rusak membutuhkan perhatian semua pihak.

Pantai  Endok terletak di dusun Taman Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung. Untuk sampai ketempat ini dibutuhkan waktu 20 menit perjalanan dari pusat kota Gerung.

Di era tahun 90 – an Pantai Endok merupakan salah satu obyek  wisata andalan yang sangat terjaga kebersihannya. Saat itu pantai Endok sangat ramai dikunjungi terlebih lagi pada hari  – hari Besar seperti Idul Fitri, idul Adha, Galungan dan liburan sekolah.

Berbeda dengan saat ini, pantai Endok tidak lagi menjadi destinasi wisata andalan. Kondisinya sangat Kotor dengan  tumpukan sampah yang berserakan di bibir pantai. Ditambah lagi dengan  abrasi air laut  yang mengikis pasir pantai  menambah rusaknya  pemandangan ditempat ini.

Seperti yang disampaikan H. Junaidi Kepala Desa Taman Ayu kepada Kim Gerung. Di katakannya, gerusan air laut di pasir pinggir Pantai sudah mencapai luas 2500 meter. Kalau tidak segera ditangani gerusannya akan semakin meluas. Kami berharap janji pihak PLN untuk membuat Bronjong sebagai antisipasi meminimalisir dampak tergerusnya pasir pinggir laut bisa segera terealisasi.

Kondisi Kotor dan rusaknya pantai Endok juga  berpengaruh pada kehidupan ekonomi warga. Seperti yang dialami Inak Salmah salah seorang pedagang. ” Dulu saya berjualan di pinggir pantai namun karena  sepinya pengunjung terpaksa warungnya ditutup. Saat ini untuk menutupi kebutuhan sehari – hari saya mencari dan memunguti kaleng – kaleng minuman bekas,” ucapnya haru. (BUDI KIM GERUNG)

print