Pelantikan Anggota KPPS Desa Babussalam

Gerung, KIM – Acara Pelantikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) desa Babussalam berlangsung damai.  Menurut Peraturan KPU No. 2 tahun 2017 menetapkan tahapan Program dan Jadwal penyelenggaraan pemilihan calon Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat.  Sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh KPU Lombok Barat, bahwa semua anggota KPPS dilantik berdasarkan program yang telah ditetapkan oleh ketua KPPS desa Babussalam, Minggu, 3/6/2018.

Antusias Anggota
Usai pembacaan Sumpah dari ketua KPPS Lombok Barat, sebelumnya diawalai oleh pembukaan serta menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh semua anggota KPPS Desa Babussalam. Bertempat di SDN 1 Desa Babussalam Kecamatan Gerung, semua anggota dari 14 TPS menghadiri acara pelantikan dan Bimtek (bimbingan teknis) mengenakan seragam Putih Hitam.

Antusiasme itu dirasakan oleh salah satu anggota KPPS TPS (tempat pemungutan suara) 8, “Ini moment penting, mengingat ini pengalaman pertama jadi anggota KPPS,” ungkap Dahlan ketika mengikuti pelantikan.

Dari 14 jumlah KPPS yang ada di Desa Babussalam ini, sebagian besar diikuti oleh kaum milenial. Hal ini dikarenakan oleh persyaratan yang dikeluarkan oleh KPU dengan melampirkan Ijazah SMA.

Berlandaskan Kode Etik
Dari panduan yang dikeluarkan oleh KPU ada tujuh prinsip yang harus dikedepankan oleh penyelenggara Pemilu. Pemilu (pemilihan umum) yang telah dijadwal oleh KPU pusat dari 171 daerah, kota, dan kabupaten pada tanggal 27 Juni 2018 nanti.

Ketua KPPS mengatakan harus berlandaskan asas Jurdil (jujur dan adil). Mengingat pemilu kali ini merupakan perhelatan program kerja utama dari program KPU sebagai bentuk demokrasi.

Sesuai pendapat Plato dan Aristoteles Politik adalah suatu usaha untuk mencapai masyarakat politik (polity)yang terbaik di dalam politik, manusia akan hidup bahagia karena memiliki peluang untuk mengembangkan bakat hidup dengan rasa kemasyarakatan yang akrab dan hidup dalam suasana moralitas.

Inilah alasan Tanwir selaku Ketua KPPS Desa Babussalam menekankan prinsip Jurdil kepada seluruh anggota KPPS yang tersebar di 14 TPS di Desa Babussalam demi tercapianya pengertian politik pada sebenarnya.

Ahmad Zaini selaku perwakilan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gerung juga menegaskan untuk mengedepankan prinsip Jurdil, keterbukaan, serta independensi. Sesuai dengan hal itu Ahmad Zaini mengatakan, “Jika nanti ditemukan pelanggaran apapaun yang kiranya dapat mencoreng Pemilu kami dari PPK Gerung selaku perpanjangan tangan KPU Kab. Lobar ditingkat kecamatan siap turun untuk menindaklanjuti sesuai regulasi yang ada dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) berhak memberi sanksi bahkan menggantinya,” tegasnya selepas memberikan penagarahan kepada seluruh anggota KPPS Desa Babussalam usai dilantik.

Sesuai dengan hal itu, selepas pelantikan masing-masing anggota KPPS bersepakat akan melakukan Bimtek dengan agenda menyusul menyesuaikan waktu agar tidak mengganggu pelaksananan ibadah puasa. KIM Lintas Desa Gerung/Ahmad Viqi WR

print