Pelatihan Ayaman Bambu Untuk Peningkatan Ekonomi Mayarakat

IMG-20170131-WA0036KIM KURTARA : Untuk mengurangi angka pengangguran serta untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat berbagai macam terobosan dan langkah – langkah strategis yang di gunakan pemerintah guna mengentaskan angka kemiskinan di Indonesia.

Langkah yang diambil oleh Pemerintah Desa Giri Sasak ini sangatlah tepat dengan mengangkat potensi lokal dan kebiasaan masyarakat sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan keluarga yaitu melalu Pelatihan Anyamann Bambu.

Menurut keterangan Kepala Desa Giri Sasak Hamdani yang kami temui dilokasi Pelatihan, Kamis, 26 Januari 2017 Menjelaskan bahwa terlaksananya kegiatan Pelatihan Anyaman Bambu ini berdasarkan hasil penggalian gagasan yang kami lakukan dimasing – masing Dusun se Desa Giri Sasak yang kami tuangkan dalam Rencana Jangka Menengah Desa ( RPJMDes ) dan ditetapkan melalui RKPDes tahun 2016.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan pelatuhan ini adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendorong program pemerintah one vilage one produck yaitu Satu Desa Satu Produk unggulan, harapan kami dengan diadakan pelatihan ini peserta dapat mengembangkan usaha ini nantinya sebagai usaha rumah tangga.

Ia juga menambahkan bahwa untuk memperkuat usaha anyaman bambu di Desa Giri Sasak kami akan membentuk kawasan khusus produk yang membuat kerajinan anyaman bambu, karena usaha ini sudah lama digeluti oleh sebagian masyarakat kami.

“Rencana kami dari pemerintah Desa akan mengadakan pasar rakyat sebagai wadah mempromosikan hasil produk – produk lokal yang ada di Desa kami, kedepan nantinya usaha anyaman ini akan dikoordinir oleh Bumdes, kami mengharapkan Bumdes dapat merangkul semua pengusaha kecil dan pegusaha kerajinan yang ada di Desa Giri Sasak sebagai Shoroom agar harga bisa stabil dipasaran”. paparnya. ( Akhyar Rasidi )

print