Pelatihan Penatausahaan Keuangan Desa Se-Kecamatan Lembar

Lembar – KIM. Forum Kepala Desa Kecamatan Lembar bekerja sama dengan Inspektorat dan Dinas DPMPD kembali melaksanakan kegiatan pembekalan bagi para Perangkat Desa Rabu 31/05 pukul 09.00 hari ini.

Geliat Desa di kecamatan Lembar dalam membekali perangkatnya di bidang penatausahan keuangan Desa terus di genjot, hal ini sebagai bentuk dukungan untuk menciptakan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabilitas.

Hal senada di jelaskan oleh Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Lembar H Ismail Darwan, “kami berkomitmen untuk terus mendorong terciptanya tata kelola keuangan Desa yang bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak Desa”. tegasnya.

Dalam kegiatan ini pihak pelaksana mengundang Inspektorat, Dinans DPMPD, BPKP Provinsi NTB serta Tenaga Ahli dari P3MD Kabupaten Lombok Barat.

Dalam kesempatan itu, Krisna Murti yang hadir sebagai pembicara menyampaikan bahwa salah satu titik lemah pelaksanaan kegiatan di Desa adalah penatausahaan keuangan sehingga seringkali begitu ada pemeriksaan oleh inspektorat maupun BPKP, masih sering terdapat temuan yang bersipat administratif maupun pelanggaran lainnya.

Sementara itu dari Dinas DPMPD yang diwakili oleh Marzuki menyampaikan bahwa salah satu yang belum bisa ditinggalkan oleh Desa terutama TPK dan bendahara adalah suka menumpuk pekerjaan sehingga begitu akan menyusun SPJ mereka sering kebingungan mencari bukti-bukti pembelanjaan barang dan sebagainya.

Kedepan harapan kami hal semacam ini tidak boleh terjadi lagi apalagi dengan digunakannya SISKEUDES atau sistim informasi keuangan Desa maka bendahara tidak akan susah lagi dalam menata keuangan Desa. Jelasnya.

Kegiatan ini sendiri bagi para aparatur Desa memang sangat di tunggu terutama bagi TPK dan bendahara Desa, mengingat sejak di berlakukannya undang-undang tentang Desa para  aparatur Desa dituntut bekerja keras dan taat aturan administrasi. KIM Lembar Bersaing/Amirullah

print