PELATIHAN PENINGKATAN KELEMBAGAAN PETANI TEMBAKAU

Labuapi-KIM. Untuk meningkatkan kualitas kelembagaan Petani Tembakau di Kabupaten Lombok Barat, Pemda Lombok Barat melalui Dinas Pertanian semakin gencar mengadakan pelatihan dan pembimbingan terhadap kelompok-kelompok tani khususnya bagi kelompok tani tembakau.

Platihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat yakni 2 hari lamanya hari senin sampai hari selasa 09-10/10 dimulai dari jam 08:00-16:00 wita.

Pelatihan peningkatan kelembagaan petani tembakau ini melibatkan semua kelompok tani tembakau yang ada di wilyah Kabupaten Lombok Barat yang bertujuan untuk menguatkan dan meningkatkan kelembagaan agar kelembagaan tersebut bisa berjalan sesuai dengan harapan semua pihak baik pemerintah ataupun petani itu sendiri.

Sering sekali pembentukan kelompok-kelompok itu dibentuk pas ada bantuan dari pemerintah saja dan kalau bantuan tidak ada kelompok tersebutpun tidak berjalan dengan baik bahkan tidak ada kegiatan sepeti pertemuan anggota sekalipun.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh penyuluh Pertanian Ni Wayan Sumartini, SP. Beliau mengungkapkan bahwa pengurus kelompok tani harus mengetahui semua tugas dan wewenang dari pengurus agar tidak semua tugas dan wewenang di rangkap oleh ketua kelompok saja.

Selain itu juga kelompok tani harus rutin mengadakan pertemuan dengan anggota kelompoknya, ” Jangan sampai kelomok tani mengadakan pertemuan hanya bila ada bantuan dari pemerintah saja, bila tidak ada bantuan kelompok tersebut tidak pernah mengadakan pertemuan”.jelas buk Wayan
Kim Lingsar Beraksi/zoecky

print