Pemanfaatan Aplikasi Pemerintah, Lobar Diganjar e-Government Award

Jakarta, Kominfotik-Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menorehkan prestasi gemilang di bidang layanan dan desiminasi informasi melalui digitalisasi informasi berbasis online. Penghargaan dimaksud yakni keberhasilan kabupaten terbarat di Pulau Lombok ini atas suksesnya pelaksanaan e-government word katagori pengguna mail.go.id teraktif. Penghargaan diterima langsung Sekda Lobar H. Moh. Taufiq, M.Sc. Senin (4/11/2019) di Balai Sudirman Kementerian Kominfo, Jalan Dr. Saharjo Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika Jonny G Plate. Penghargaan diberikan atas apreasiasi Kabupaten Lombok Barat bersama 6 kabupaten/kota lainnya dari seluruh Indonesia yang tercatat begitu respek terhadap pemanfaatan aplikasi pemerintah (egovernment) dalam katagori pengguna mail.go.id

Dari 10 kabupaten/kota se NTB, kabupaten Lombok Barat merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang berhak diganjar penghargaan tersebut. Pasalnya sejak dilounchingnya aplikasi e-government ini, Lombok Barat begitu responshif atas program ini. Hal ini ditandai dengan memberikan support dan pendampingan kepada seluruh desa dan kelurahan se Lombok Barat untuk menggunakan aplikasi mail-go.id ini.

Pada penyerahan penyerahan penghargaan tersebut, pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan beberap aplikasi berbagi pakai untuk semua daerah se-Indonesia sehingga daerah tidak perlu menganggarkan untuk kebutuhan aplikasi sejenis.

Program layanan Kementerian Kominfo tersut diantaranya, Sicantik cloud untuk perizinan terpadu terintegrasi, Simaya untuk aplikasi tata naskah elektronik dan persuratan online,  Domain.id untuk pengelolaan web dan sistem elektronik formal daerah tidak lagi menggunakan .com termasuk domain desa.

Selanjutnya Mail.id untuk pengiriman data yg formal untuk pemerintah daerah, Puspita untuk penyediaan server berbagi pakai bagi daerah dan Mantra aplikasi introperabilitas atau integrasi data.

Dari layanan yang disiapkan tersebut diatas, Lombok Barat telah menerapkan semuanya. Dalam hal ini Dikominfotik Lobar sangat aktif menjemput bola. Dan dari hasil evaluasi kementerian, Kabupaten Lobar mungkin dianggap sebagai pengguna layanan mereka yang loyal terutama penggunaan mail.go.id. dibuktikan dengan jumlah user dan transaksi data. Kedepan, memang semua ASN akan difasilitasi dgn email go.id untuk keperluan formal.

“Barangkali, atas dasar inilah Lobar diundang dalam ajang anugrah egoverment award tahun ini,” kata sekretaris daerah Lobar HM Taufik didampingi Plt Kadis Kominfo Ali Asgar, SH dan Kabid IKP Drs Rasidi. (Raisidi/her).

print