PEMDES SEKOTONG TENGAH TERJUNKAN RELAWAN PENDATAAN KELUARGA

Sekotong-Diskominfotok. Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Lombok Barat Nomor :800/154/DP2KBP3A/2021 tentang Pelaksanaan Pendataan Keluarga (PK) tahun 2021, Pemerintah Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong langsung membentuk Satgas Relawan Pendataan Desa.

Tim satgas yang di bentuk ini merupakan gabungan dari berbagai unsur masyarakat desa, Ketua RT, Kader Posyandu, Karang Taruna, LPM, Mahasiswa serta unsur Perangkat Desa.

Tugas para relawan adalah melaksanaan kegiatan pendataan keluarga yang menjadi salah satu acuan kegiatan pembangunan di Desa Sekotong Tengah.

“Data merupakan ruhnya desa yang harus tersedia dengan lengkap dan dapat di akses dengan mudah oleh masyarakat desa,” ungkap Kepala Desa Sekotong Tengah Lalu Sarappudin ketika membuka kegiatan pelatihan Relawan Pendata di Aula Kantor Desa Sekotong Tengah.Selasa (30/3/2021).

Lalu Sarappudin pada kesempatan tersebut juga berpesan kepada para relawan yang bertugas mendata agar dapat bekerjas secara maksimal dengan terjun langsung dari rumah ke rumah.
“Untuk mendapatkan data yang akurat,para relawan harus turun langsung ke rumah warga,jangan mendata dari rumah sendiri,”tegasnya.

Para relawan Pendata di Desa Sekotong Tengah berjumlah sekitar 40 orang dengan wilayah yang di sasar sebanyak 23 dusun yang mulai bekerja sejak tanggal 1 April hinggan 30 Mei 2021.

“Masa kerja para relawan sebenarnya sejak awal Maret, tetapi mengingat hari ini (30/3/) merupakan akhir bulan maret, maka tugas para relawan untuk melakukan pendataan akan di mulai pada 1 April hingga 30 Mei 2021,”kata Hesti D Hapsari, Narasumber pelatihan.

Adapun materi pelatihan yang di berikan kepada para relawan adalah tentang teknis pengisian data dengan menggunakan aplikasi yang telah di sediakan. Selain itu peserta juga di ajarkan teknis pengisian koesioner yang dapat dilakukan secara manual berdasarkan form yang tersedia. Untuk kelengkapan pendataan,para relawan juga di lengkapi dengan atribut berupa ID Card dan kaos seragam.
Di hari pertama kegiatan pendataan Kamis (1/4/2021), Tim Relawan Data Sekotong Tengah mengunjungi kediaman Wakil Bupati Lombok Barat Hj.Sumiatun di Dusun Sekotong 1 .
“Hari ini kami melakukan pendataan di tempat kediaman Ibu Wabup, sebelum beliau berangkat menuju kantornya,” jelas Lalu Budiadi,Koordinator Relawan Data Desa Sekotong Tengah.(Sid).

print