Pemerintah Desa Kuripan Utara Gelar Pemilihan BPD

Kuripan-KIM . Proses pemilihan langsung calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Periode 2018-2024, diselenggarakan pihak Pemerintah Desa Kuripan Utara, Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat, Kamis (4/10/2018).

Proses pemilihan berlangsung aman dan kondusif tanpa ada masalah apapun. Hadir dalam acara tersebut Pospol Kecamatan Kuripan serta Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Kuripan Utara dan Perwakilan pemilih.

Kegiatan pemilihan Badan Permusyawaratan Desa atau BPD ini dilaksanakan mengacu pada Permendagri Nomor 110 Tentang BPD.

Ketua Panitia Pemilihan,  Ahmad Mas’ud  kepada KIM menjelaskan, kegiatan pemilihan BPD di wilayah Desa Kuripan Utara ini dilaksanakan secara bertahap karena luas wilayah.

Ia juga menambahkan, pemilihan anggota BPD setelah sehari sebelumnya perwakilan untuk wilayah Lendang Bile dan Lendang Sembe selesai di pilih. Kali ini perwakilan Dusun Perengge Luah dan Perengge dalem yang mendapat giliran untuk di pilih. Dalam proses pemilihan kali ini diwakili sebanyak empat puluh pemilih masing-masing dua puluh orang perwakilan dari dua Dusun akan menyalurkan hak pilihnya.

Adapun untuk perwakilan Dusun Perengge Luah dan Perengge dalem empat calon yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota BPD untuk perwkailan wilayah tersebut. Keempat calon tersebut adalah: Hery Muharyadi, ,S.Pd, Hasan Basri,Budi Anjani dan Habibi,S.H.

Dari empat puluh orang perwakilan pemilih tiga puluh sembilan orang yang hadir memberikan hak pilihnya. Proses pemilihan berlangsung selama kurang lebih dua jam dan dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Untuk anggota BPD perwakilan Dusun Perengge Dalem dan Perengge Luah Calon Nomor urut dua memperoleh suara terbanyak mengungguli tiga pesaingnya. Adapun perolehan masing – masing calon Hery Muharyadi, S.Pd memperoleh 8 suara,H. Hasan Basri memperoleh 17 suara, Budi Anjani memperoleh 5 suara dan Habibi memperoleh 8 suara. Sehingga dipastikan Haji Hasan Basri yang menang dalam proses pemilihan kali ini.

Mas’ud  menambahkan, pihaknya membagi jatah kursi sesuai Dapil karena jumlah dusun sebanyak tiga belas sementara kebutuhan anggota BPD berdasarkan Permendagri Nomor 110 pasal 5 ayat 2 bahwa jumlah anggota ditetapkan paling sedikit 5 orang dan paling banyak 9 orang. “Pemilihan anggota selanjutnya mengikuti jadwal tahapan, ” ungkapnya. ( Akhyar/KIM Kurtura) )

print