PEMKAB LOBAR GELAR NUZUL QURAN DI LUAR KOTA PEMERINTAHAN

Gerung, Kominfotik – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Pemkab Lobar) menggelar Peringatan Nuzul Quran di luar kota Pemerintahan. Tidak biasanya sebelum-sebelumnya kegiatan peringatan keagamaan selalu di gelar di ibukota pemerintahan atau di kota Gerung. Namun kali ini dilaksanakan di luar kota gerung yakni di Desa Jati Sela Kecamatan Gunungsari. Semua kegiatan keagamaan Pemkab Lobar memiliki kebijakan akan menyelenggarakannya secara bergiliran di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Lombok Barat.

Demikian dikemukakan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid ketika memberikan sambutan pada peringatan Nuzul Quran di Masjid Baital Muslimin Dusun Ireng Lauk Desa Jati Sela Kecamatan Gunungsari, Jumat (24/5/2019).

Pemkab Lobar memiliki kebijakan tersebut dengan harapan adanya rasa kepedulian terhadap daerahnya, rasa kebersamaan terhadap pemerintahnya dan rasa citan antara masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama membangun Lombok barat.

“kita kembali adakan di tengah-tengah masyarakat ikut bersama masyarakat. Insya Allah dengan jalan ini rasa kepedulian terhadap daerahnya, rasa kebersamaan terhadap pemerintahnya dan juga rasa citan antara masyarakat dan pemerintah terhadap apa yang mau dibangun itu secara bersama-sama secara terus menerus  meningkat dari waktu ke waktu,” ungkapnya.

Fauzan Khalid mensinyalir kegiatan membaca alqurkan sekarang semakin berkurang. Karena itu Fauzan mengajak muhasabah atau instrospeksi diri melalui peringatan Nuzul Quran untuk kembali menggugah kesadaran masing-masing agar membaca alquran, memahami alquran sebagai tuntunan hidup dan mengamalkannya dalam kegiatan sehari-hari.  Diharapkan dengan momentum bulan Ramadan 1440 H agar memulai secara rutin membaca kitab suci alquran setiap hari.

“mane-mane se ain setiap jerak sembayang, lamun ndek mampu se juz, insya alloh dunia ini akan berkat, hidup kita jari berkah. Mangkin niki kita sangat berutang kepada adik-adik kita yang membaca alquran bahkan menjadi hafis atau menghafal alquran. Kalau tidak ada anak-nak kita membaca alquran mungkin akan banyak bencana dimuka bumi ini,” harapnya.

Sementara hikmah Nuzul Quran disampaikan oleh TGH. Moh. Taesir Al-Azhar, MA dadari Mendagi Lombok Barat juga mengajak untuk membaca alquran. Dikatakan, kalau tidak membaca Alqurnan kaum muslimin diancam oleh Alloh Subhanahu Wataalla dengan ancaman sangat dahsyat. Dengan membaca ayat suci alquran TGH. Taesir menjelaskan,  barang siapa yang tidak mau membaca ayat-ayatku, maka kami akan membuat hidupnya menjadi sempit di duania dan dilupan nanti di akhirat.

“….yang paling bahaya ancaman Alloh, kami akan bangkitkan dalam kuburnya dalam keadaan buta….ini balasannya buat kalian semua yang dulu tidak membaca ayat-ayat kami. Oleh karena itu kami mengajak untuk selalu membaca alquran. Semoga dengan demikian Lombok Barat menjadi semakin amanah, sejahtera dan berprestasi atau semakin mantap,” katanya mengahiri ceramahnya.

Hadir dalam kegiatan NuZul Quran itu, Bupati Lombok Barat, Sekretaris Daerah Lombok Bart, Anggota Forkominda, pimpinan OPD Lombok Barat, tokoh-tokoh Agama dan masyarakat se Kecamatan Gunungsari dan warga masyarakat serta jamaah masjid Baital Muslimin Ireng Lauk Desa Jati Sela. Kominfo/rasidibragi

print