Pemungutan Suara di Gerimak Aman Kondusif, KPPS Kenakan Pakai  Adat

Narmada, Kominfo. Tepat pukul 07.00 WITA, pelaksanaan pemungutan suara Pilpres dan Pemilihan Legislatif, Rabu (17/4/2019) dimulai di 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS), di Desa Gerimak Indah, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.  Sesuai aturan, seluruh petugas KPPS dan anggota perlindungan masyarakat (Linmas) yang memabantu pelaksanaan pemungutan suara diambil sumpahnya. Demikian juga jumlah surat suara yang diterima masing-masing TPS dihitung kembali untuk memastikan surat suara yang cukup dan disesuaikan dengan Daptar Pemilih Tetap (DPT).

Secara umum pelaksanaan pemungutan suara di 17 TPS di Desa Gerimak Indah berjalan aman dan lancar. Asntusiasme masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya terbilang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kedatangan masyarakat sejak pagi memenuhi  setiap TPS yang berada dekat dengan pemukiman pemilih.

Ketua KPPS TPS 01, Dusjun kembang Kuning, Desa Gerimak Indah Komang  Lanus bahkan menyebutkan pukul 11.30 Wita prosentase pemilih yang sudah menggunakan hak suaranya sudah mencapai 90 persen.

“Meski sesuai petunjuk pukul 12.00 Wita dibuka untuk pemilih yang menggunakan KTP, namun kita dahulukan, mengingat pemilih dengan KTP sudah banyak berdatangan. Kecuali itu kita ingin juga memanfaatkan waktu agar tidak molor dan penghitungan suarapun bisa cepat selesai diproses,” ujar Komang.

Pantauan Kominfo di sejumlah TPS di Desa Gerimak Indah, petugas KPPS di dua TPS yakni TPS 01 dan TPS 05 masih di dusun yang sama mengenakan pakaian adat Sasak dan Bali untuk menarik perhatian pemilih agar lebih dekat dengan pemilih.

Hingga berita ini diturunkan, belum bisa dipastikan hasil penghitungan suara di 17 TPS di Desa Gerimak baik Pilpres maupun Pileg karena di sejumlah TPS penghitungan suara masih berlangsung. (her/Kominfo)

print