PENGUKUHAN PENGURUS PERKUMPULAN PROMOTOR DAN PENDIDIKAN KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA (PPPKMI) KABUPATEN LOMBOK BARAT PERIODE 2020/2024

Batulayar, Diskominfotik, KIM Layar Stone – Pengurus Perkumpulan Promotor dan Pendidikan Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) periode 2020-2024 resmi dikukuhkan, Hal ini berdasarkan Keputusan Ketua Umum Perkumpulan PPKMI tentang pengesahan Pengurus Perkumpulan PPKMI Cabang Kabupaten Lobar Nomor : 30/PPPKMI/ORG/X/2020. Acara pelantikan yang berlangsung di Jayakarta hotel, Batulayar, Lobar, Minggu  (14/2/2021).

Acara yang dihadiri Dudut Eko Juliawan, SKM. MPH Ketua Umum Pengurus Daerah PPPKMI Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang secara langsung melantik Muhammad  Zainudin, SKM  sebagai Ketua PPPKMI Kabupaten Lobar, Nengah Purwadi, SKM sebagai Wakil Ketua, Jaswadi sebagai Sekretaris, Ari Wiwit Widiatmanto, SKM sebagai Sekretaris I, Astin Hurini, SKM  sebagai Bendahara I, Nurmaya Sari Bendahara II beserta seluruh pengurus PPPKMI Cabang Kabupaten Lobar periode 2020-2024.

Dalam acara pengukuhan tersebut sekaligus dilakukan penandatanganan berita acara oleh Muhammad Zainudin sebagai ketua PPPKMI Lobar serta penyematan Pin PPPKMI oleh Ketua Umum Pengurus Daerah PPPKMI Provinsi NTB Dudut Eko Juliawan yang dalam sambutannya megungkapkan rasa bangga setelah terbentuknya PPPKMI cabang Kabupaten Lobar, ini merupakan satu langkah lebih maju dari kabaten/kota lainnya, Artinya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini merupakan Paripurna bagi pengurus dan anggota PPPKMI.

Dudut menambahkan, “Komitment dalam berorganisasi untuk mendukung kesehatan masyarakat khususnya kabupaten lobar, terlebih dalam era saat ini promosi kesehatan akan menjadi garda terdepan dalam melakukan penyuluhan kepada masyarakat dalam melakukan sosialisasi pentingnya mematuhi protokol COVID-19, serta akan menjadi penjaga, penerus, dan pengawal masyarakat bagaimana melakukan pencegahan dan pengendalian COVID-19 agar cepat berakhir. Sebagai anggota dan pengurus PPPKMI yang memiliki strategi ABG (Advokasi, Bina suasana, Gerakan masyarakat dan kemetiraan) ini merupakan salah satu strategi yang bagus dalam mengawal program kesehatan masyarakat di Kabupaten Lobar, ” tambahnya.

PPPKMI merupakan manager program yang berada di Dinas Kesehatan dan manager masyarakat yang menjadi  fungsi  utama yang harus dipahami oleh anggota dan pengurus. Bagaimana mengelola masyarakat yang tadinya tidak berprilaku hidup sehat menjadi taat dalam berprilaku hidup sehat dalam mencegah pandemi COVID-19. Dalam hal ini Promotor kesehatan sudah berhasil dengan baik melakukan salah satu perannya dalam banyaknya program promosi kesehatan yang ditiru oleh bererapa sektor seperti Kepolisian, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Pekerjaan Umum (PU), Keluarga Berencana (KB), dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lobar Syahrudin mewakili Bupati Lobar memberikan sambutan, “ Selamat kepada pengurus PPPKMI yang sudah di ambil sumpahnya yang nantinya membawa konsekwensi untuk taat, patuh, dan berkomitment dalam sumpah yang telah di ambil. Nantinya jika PPPKMI ini dapat dikelola dengan baik akan menjadi sebuah organisasi yang patut di apresisasi  keberadaannya untuk dijadikan legistrator dalam pemerintahan,” tuturnya.

Sayahrudin berpesan, “ Untuk menjaga komitmen dan hormati profesi dalam berorganisai yang telah terbentuk, dalam berorganisasi berarti telah menyatukan diri didalam sebuah kebersama nantinya ekistensi akan terlihat untuk menyatukan ikatan emosional dalam ikatan profesi ini. Didalam usianya yang ke 33 tahun PPPKMI merupakan bukan organisasi yang baru, dan sampai saat ini masih berdiri dan ada di tengah-tengah masyarakat. Semoga anggota dan pengurus PPPKMI memahami posisi saat ini sebagai garda terdepan dalam melakukan promosi kesehatan kepada masyarakat guna memberikan pengertian untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk mau di vaksinasi. Karena banyaknya pemeberitaan pada media social, dan lainnya membuat masyarakat enggan untuk melakukannya. Inilah tugas utama yang harus dilakukan saat ini untuk meyakinkan masyarakat pentingnya Vakisnasi COVID-19 untuk mencegah penyebarannya dan menambah kekebalan tubuh kita,” tegasnya.

Pada acara tersebut  Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lobar yang diwakili Sekertaris Dinas (Sekdis) Dikes Arif Surya Wirawan, SSi,Apt, MPH menyampaikan harapannya agar Perkumpulan PPKMI ini menjadi organisasi yang potensial untuk mendayagunakan sumber daya manusia promosi kesehatan khususnya di Kabupaten Lobar.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Arif menuturkan bahwa Dikes Lobar menyambut baik dengan dibentuknya kepengurusan PPPKMI cabang Kabupaten Lobar dengan harapan dapat tercipta sinergitas atau kerjasama yang selaras dan seimbang diantara berbagai pihak, baik dari akademisi, Lembaga pemerintahan atau lembaga profesi lainnya. Lebih lanjut Sekdis Lobar ini mengajak bersama-sama melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia khususnya di Kabupaten Lobar. Diskominfotik/KIM Layar Stone/Fyan/YL

print