Penyulihan STMB Di Dusun Adeng

Kuripan-KIM. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) merupakan pendekatan untuk perubahan prilaku hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicu hal tersebut di jelaskan dalam penyuluhan kesehatan di dusun Adeng kamis 09/11 kemarin.

Program nasional tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penting nya menjaga kesehatan diri, lingkungan dengan pola hidup sehat.

Penyuluhan kemarin di adakan di rumah kadus Adeng dan dihadiri oleh tim dari kecamatan, tim dari desa, tim dari Puskesmas, serta kadus, masyarakat dan kader setempat.

Program STMB tersebut menjunjung 5 pilar yakni 1.stop buang air besar sembarangan
2.cuci tangan pakai sabun.
3.pengelolaan air minum dan makan aman dan sehat.
4.pengelolaan sampah dengan benar.
5.pengelolaan limbah cair secara bijak.

Dalam penyuluhan kemarin Atika salah seorang tim pemicu dari PUSKESMAS KURIPAN menjelaskan pula “bahwa menjaga kesehatan lebih baik dari pada mengobati karena kesehatan merupakan harta yang paling mahal nilainya dan sangat berharga oleh sebab itu kami berharap dengan adanya penyuluhan ini bisa menambah ilmu bagi masyarakat dan akan semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan serta bisa merubah perilaku masyarakat dengan pola hidup sehat serta dengan menerapkan 5 pilar STMB”.

Dalam kesempatan itu pula tidak lupa para tim kesehatan tersebut meminta pada kadus setempat untuk memberi pemahaman bagi warga yang tidak hadir untuk bisa menerapkan 5 pilar STBM demi kepentingan kita bersama. Zaini Ahmad/Kim gunung sasak

print