Penyuluhan Kampung Gizi kembali dilaksanakan di Batulayar.

Batu Layar KIM. Program kesehatan tersebut terlaksana pada Selasa, 7 Februari 2017 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Batulayar. Pertemuan ini merupakan program yang dicanangkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat melalui Puskesmas Meninting Kecamatan Batulayar. Dengan demikian yang bertindak menjadi narasumber atau pemateri adalah mereka yang bergerak dalam bidang kesehatan semisal Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat dan Puskesmas Meninting yang merupakan sector kegiatan.

Peserta yang terdiri dari Kepala Desa, PKK Desa, PKK Kecamatan, dan Kader se-kecamatan Batulayar ini dengan seksama menyimak materi yang disampaikan oleh pemateri yang dimulai sejak pukul 09.30 Wita sampai pukul 12.00 Wita. Salah satu yang menjadi pemateri adalah H. Saparudin yang merupakan personel atau Kepala Bidang Bagian Gizi di Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat. Dalam penyampaian materi, Kabid banyak membahas kategori anak yang berada pada Bawah Garis Merah (BGM). Jika berada dibawah standar yang telah dijadikan acuan, berarti kesehatan anak perlu diwaspadai. Saat ini trend gizi buruk sedang ramai dibicarakan, untuk itulah selaku stakeholder sangat dituntut untuk lebih peduli. Yang paling dekat dengan kondisi tersebut adalah ujung tombak seperti Puskesmas dan para kader-kader Kesehatan, demikian urai Saparudin.

Kampong Gizi sebagaimana digembar-gemborkan di wilayah Batulayar akan dipusatkan di Dusun Lendang Ree Desa Lembahsari. Kampung Lendang Ree akan menjadi pusat/ atau tempat kendali. Nanti, kampong gizi yang dimaksudkan tidak hanya bergerak dalam bidang kesehatan, melainkan mengintegrasi semua kegiatan termasuk salah satu misalnya pelayanan KB, orang jompo, dan sebagainya.

Selain dari perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten yang menjadi pemateri, Kepala Puskesmas Meninting, Fahriati tak luput dari narasumber menyangkut kesehatan. Pelayanan kesehatan selama ini di Kantor yang dipimpinnya sudah terlihat kemajuan. Selain itu, minat dan animo masyarakat yang datang ke Puskesmas seperti untuk control, sudah telihat nyaman, mungkin karena lokasi kantor pelayanannya yang lebih baik. Kantor baru, nyaman, pelayanan baik, mungkin itu salah satu indikasinya, dan insyaAllah kita akan terus meningkatkan pelayanan maksimal, demikian urai Kepala Puskesmas Meninting. Sementara dari pihak Kecamatan Batulayar, menugaskan Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial (Kessos) yang memandu jalannya acara hingga kegiatan selesai. (Juani Muhtar).

print