Penyuluhan Tentang Tbc Oleh Pukesmas Kuripan

Kuripan-KIM. Pukesmas Kuripan tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat baik berupa pelayanan kesehatan maupun penyuluhan tentang hidup sehat hingga masyarakat akan sadar betul betapa pentingnya menjaga kesehatan.

Kamis 14/06/2017 kemarin Pukesmas Kuripan kembali mengadakan penyuluhan tentang TBC di dusun Karang Bucu kecamatan Kuripan.

30 Warga yang terindikasi memiliki penyakit tersebut hadir dalam penyuluhan kemarin.”menerapkan pola hidup PHS(perilaku hidup sehat)adalah hal yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yakni menjaga pola makan,menjaga kebersihan serta diri dan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit yang di timbulkan karena tidak menjaga hal tersebut seperti halnya penyakit TBC salah satu penyakit yang di katagorikan menular”tutur Ayu Cipta petugas Penyuluhan dari Pukesmas Kuripan menjelaskan pada warga setempat.

Ciri-ciri orang yang yang terjangkit penyakit TBC adalan batuk yang berturut-turut,berat badan menurun,sesak napas dan batuk kadang disertai keluarnya darah jadi bila ada tanda-tanda seperti di jelaskan tadi maka segera periksa ke dokter atau pusat kesehatan terdekat agar cepat untuk ditangani selain itu bila  terjangkit penyakit tersebut maka tetap harus menjaga kebersihan dengan jangan berludah di sembarang tempat,buatkan khusus tempat untuk berludah dan membuangnya bisa dengan cara dihanyutkan atau ditimbun.

“Penyakit tersebut bisa menular dari ludah,usahakan perabotan yang di gunakan untuk makan dipisahkan agar tidak menular ke orang lain dan dianjurkan pula untuk menjemur kasur sekali minggu sekali utuk mengurangi debu yang melekat pada kasur yang dapat menyebabkan batuk serta tetap mendengar arahan dokter dengan minum obat secara teratur” kata Ayu Cipta menambah penjelasannya dalam penyuluhan tersebut.

Warga menyambut positif kegiatan tersebut “dengan diadkan penyuluhan ini kita bisa tahu ciri maupun cara pencegahan penyakit TBC”. Lanjut Mutiah.  KIM Gunung Sasak/L.Zaini Ahmad

print