Peresean se Pulau Lombok Resmi Di Buka Bupati H.Fauzan Khalid

Narmada KIM, Senin sore 10/4 Pementasan Seni dan budaya Peresean tahun 2017 di gelar di Gedung Budaya Lombok Barat kegiatan tersebut merupakan untuk memeriahkan HUT Lobar yang ke 59 yang jatuh pada tanggal 17 April mendatang.

Selain peresean banyak juga agenda HUT Lobar yang sudah dan belum di laksanakan.
Kegiatan peresean bertujuan untuk memberikan Lombok Barat prestasi yang terbaik, dengan pretasi maka Lombok Barat bisa dibanggakan semua orang.

Kegiatan yang berkaitan dengan HUT Lobar tidak lain untuk memberikan Lombok Barat kado terbaik lewat prestasi hal tersebut diungkapkan Bupati Lombok barat H. Fauzan Khalid saat membuka secara resmi Peresean se Pulau Lombok pada senin sore di gedung Budaya Narmada.

Ia juga menambahkan “didalam peresean ada kalah ada menang,” Tegas Fauzan.

Dalam Peresean, persaingan tidak boleh memiliki rasa dendam, tetapi persaingan itu tonjolkan persaudaraan dan nilai sportifitas. Sekeras apapun persaingan itu tetap dibawah koridor peraturan, setelah persaingan selesai tetap menjaga persaudaraan dan kebersamaan karena itulah nilai yang terkandung dalam sebuah kopetisi peresean.

Sementara Hendrayadi selaku Ketua Panitia yang sekaligus Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat menyampaikan
“kegiatan ini diselengrakan dari tanggal 10 sampai 16 April mendatang. Ini baru pertama diselenggarakan oleh kerja sama dua SKPD yakni Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan” jelasnya.

Selain itu Hendra juga menjelaskan, “kami menyiapkan setiap harinya 2 petarung inti dan 20 partai tambahan. Dan jika selama 7 hari maka ada 140 partai tambahan dan 14 partai utama”.

Kemudian Hendra juga harapkan kegiatan akan berlangsung dan berjalan dengan lancer, untuk itu ia juga mengajak akan terus membudayakan seni budaya peresean tersebut karena selama pengamatannya sampai saat ini belum pernah ada peresean yang selesai bertarung langsung berkelahi atau bermusuhan.

Kegiatan Peresean juga di hadiri oleh Sekda, Asisten, kepala SKPD, Sekwan, PLT Camat Narmada, dan budayawan serta masyarakat Lombok Barat. DeDy/KIM Berdaya Saing

print