Peresean se-Pulau Lombok Resmi di Buka Bupati Lobar

Gerung-KIM. 6  Agustus 2017. Peresean antar pepadu se- Pulau Lombok dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, secara resmi di buka oleh Bupati Lombok Barat. Peresean tersebut  berlangsung dari tanggal 6-16 Agustus di lapangan umum Desa Dasan Geria  Minggu (06/8).

Budaya adalah sebuah nilai baik itu berupa tutur kata, maupun perilaku yang tumbuh di masyarakat, salah satunya presean. Hal itu di sampaikannya saat membuka presean tersebut.

Selain itu ia juga mencontohkan pada presean bukan tujuannya untuk saling menyakiti, tetapi untuk mencari pepadu yang unggul, di dalamnya  terdapat  nilai kejujuran, nilai sportifitas dan nilai yang bersumber dari budaya kita sendiri,” ucapnya.
Presean di harapkan bisa digelar secara rutin untuk menjaga kearifan lokal, budaya sasak merupakan warisan budaya nusantara tambahnya.

Sementara Munahar selaku Ketua Panitia Lomba, “presean diharapkan sebagai momentum awal untuk melestarikan budaya lokal,”katanya. Sebagai pembuka, pertandingan di mulai dari Pepadu Janepriye Lombok Timur melawan pepadu tuan rumah Dasa Geria Lingsar. Kim berdaya saing KIM Berdaya Saing/Dedy

print