Peringati Hari Pemuda, 34 Pasang Pemuda se Nusantara Kenakan Pakaian Adat

Gerung-KIM- Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 90 28 Oktober 2018 di Kabupaten Lombok Barat (Lobar), NTB agaknya berbeda dengan pelaksanaan serupa di daerah lainnya. Kali ini peringatan harinya para pemuda itu diperingati dengan pengenaan pakaian adat se Nusantara bagi peserta apelyang memadati halaman Kantor Bupati Lombok Barat, Jalan Soekarno Hatta Giri Menang, Gerung.

34 pasang pemuda dari 34 provinsi se Indonesia membacakan teks Kongres Pemuda Indonesia di depan seluruh peserta upacara. Pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 ini didampingi masing masing 2 orang perwakilan dari 34 provinsi se Indonesia lengkap dengan pakaian adat daerahnya masing-masing.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.  Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid S.Ag. M.Si membacakan amanat tertulis  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI menyatakan, pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

“Dengan begitu pemuda Indonesia tidak mudah terjebak narkoba, radikalisme, isu hoaks dan ujaran kebencian yang memecah persatuan bangsa,” jelas Menpora.

Menjelang pesta demokrasi 2019, Menteri dari kalangan NU ini mengingatkan akan peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilu baik Pilpres maupun Pemilihan Legislatif (Pileg).

“Partisipasi aktif pemuda dalam pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel,dan berkualitas,” ujar`Menteri.

Upacara diikuti oleh Para SKPD Lobar, Para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Lombok Barat, unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Para Siswa Siswi Sekolah perwakilan SD, SMP, dan SMA se Lombok Barat. (KIM Gerbang Gerung/Angge/L.Ivan R).

print