Pesona Wisata Alam Tibu Atas Desa Buwun Sejati

Kim Narmada – Dulu sewaktu kami masih kecil seumuran Sekolah Dasar ditempat ini kami biasa menghabiskan waktu ketika hari sudah mulai beranjak sore, apalagi pada saat bulan puasa tiba, biasanya kami menunggu waktu berbuka puasa disini ujar Lukman Kidi saat mengajak kawannya traveler dari mataram sebulan yang lalu.

Tepatnya di Dusun Batu Asak Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada tempat Wisata Alam Tibu Atas, panorama alam ini belum banyak diketahui dan dikunjungi oleh warga Kecamatan Narmada sendiri, karena terletak dibagian ujung timur tenggara Kecamatan Narmada. Pemandangan yang indah nan alami ini, masih dinikmati oleh sebagian kecil warga sebab letaknya yang cukup jauh dari pemukiman warga, sekitar kurang lebih satu kilo meter dari dusun batu asak.

Bebatuan yang indah, yang tak diatur oleh tangan manusia, air yang jernih dan dingin, udara yang segar, panorama alam yang hijau dan berbagai macam sensasi yang lain bisa dirasakan dan bisa dilihat ketika berada di Wisata alam Tibu Atas ini. Tempat ini sangat pantas untuk dicoba, terutama bagi kalangan yang sehari-hari berkubang dengan kepenatan pada dunia kerja yang cukup melelahkan. Serasa lelah saya yang setahun enyah berada dilokasi ini ungkap Herman salah seorang traveler sebulan yang lalu kala mengunjungi wisata alam Tibu atas.

Perjalanan menuju Tibu Atas hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, Jaraknya yang cukup jauh dari pemukiman warga, maka bagi pengunjung yang datang dari wilayah yang jauh dan membawa sepeda motor bisa menitipkan sepeda motornya di rumah warga Dusun Batu asak. Dan berjalan menuju Lokasi wisata alam tersebut akan disambut dengan padi yang menguning ketika musim padi, karena hamparan sawah warga berjejer rapi sebelum sampai pada wisata alam Tibu Atas.

Duduk diatas tumpukan bebatuan sebelah mengalirnya air kemudian mengarahkan pandangan mata kearah tempat turunan air yang jernih sambil menikmati camilan atau sebatang rokok (bagi perokok) seakan mengundang ketenangan yang tak terkira, hawa segar uap air yang naik seolah menambah kesejukan angin yang bertiup pelan. Selain lokasi tibu atas ini ada juga Tibu bawak yang jaraknya kira-kira seratus meter dari sini tetapi turunan airnya lebih rendah dari ini tambah Lukman Kidi yang sehari-hari aktif menjadi aktifis Lingkungan hidup.

Selanjutnya sensasi yang berbeda bisa dirasakan ketika berada diposisi bawah tempat turunan air, kalau berada diposisi atas tumpukan bebatuan tersebut terasa kesejukan dan menyegarkan tetapi berada pada posisi bawah terasa dingin dan segar karena kaki langsung tersentuh dengan air yang dingin sambil duduk santai diatas batu-batu yang bertebaran, Sensasi yang lebih menarik lagi jika para pengunjung mandi dibawah turunan air bak air terjun itu. Tetapi harus hati-hati jika pengunjung ingin mandi karena kedalaman air ini cukup dalam harus memiliki kemampuan berenang.

Tibu dalam bahasa sasak artinya cangkrongan (tempat penurunan air), bagi masyarakat petani cangkrongan digunakan sebagai tempat pembagi air yang masuk kesawah-sawah warga melalui jalur irigasi pertanian. Namun Tibu Atas lokasinya lebih rendah dari sawah warga di Dusun Batu asak, persisnya Lokasi ini di apit oleh sawah warga disebelah selatan dan hutan kemasyarakatan (HKm) kawasan rinjani Desa Buwun Sejati.

Pembangunan infrastruktur pada wilayah ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan perjalanan ke Lokasi Tibu Atas.Sebab selain potensi wisata alam Tibu Atas yang sangat menggoda, juga sekaligus menjadi jalan pertanian dan perhutanan untuk mengangkut hasil pertanian dan hasil hutan, karena mayoritas warga Desa Buwun Sejati berprofesi sebagai petani padi dan hutan maka untuk mengangkut hasil pertanian dan hasil hutan melalui jalur yang belum bisa dilalui oleh sepeda motor. (mustar)

print