Pilkades Serentak Lobar Dilaksanakan10 Desember

Gerung-KIM. Pemda Lobar Sosialisasikan Pilkades Serentak, Rabu, 3/10 bertempat di Aula Kantor Bupati Lobar. Pemda Lobar dalam hal ini Dinas PMD mensosialisasikan Pilkades Serentak, dihadiri dan dibuka langsung oleh Assisten Bidang Pemerintahan, H. Ilham.

Dalam sambutannya, Ilham mengakui bahwa selama ini ada isu tentang pelaksanaan Pilkades Serentak di Lobar tidak bisa dilaksanakan pada tahun 2018, karena adanya kejadian tidak terduga atau Gempa Bumi dan kegiatan lainnya. “Saat ini saya nyatakan bahwa Pilkades serentak akan dilaksanakan tgl 10/12/2018 mendatang. Anggaran sudah siap, selanjutnya silahkan laksanakan regulasi sesuai tahapan dan jadwal yang telah ditentukan.” ungkapnya.

Lebih lanjut Ilham berharap agar pilkades serentak bisa terlaksana dgn baik. Dari 119 desa yang ada dilobar, pada oktober mendatang,  sekitar 77 desa yang akan melaksanakan pilkades serentak. “Titik krusial dalam pelaksanaan Pilkades adalah pada proses Penetapan calon dan penghitungan suara. Untuk itu diharapkan kepada kita semua utk selalu berpegang pada aturan yang ada, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginan.” tandasnya.

Sosialisasi diikuti oleh kades dan Ketua BPD serta Camat yg ada di empat kecamatan wilayah utara Lombok Barat yaitu, Batu Layar, Gunung Sari, Lingsar dan Narmada. Sementara untuk kecamatan lainnya akan dilaksanakan esok hari pada waktu dan tempat yang sama.

Narasumber dalam acara tersebut, Kasubbid Pemdes pada Dinas PMD Lobar Suhamdi, yang menyampaikan sekilas tentang tahapan-tahapan pilkades serentak serta beberapa hal teknis dalam pelaksanaan pilkades. “Terkait juklak juknis akan kita sampaikan lebih detil kepada Panitia pilkades sesuai tahapan yang ada,”tegasnya.

Seusai penyampaian materi dilaksanakan diskusi dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya terkait materi. Berbagai pertanyaanpun muncul dari sejumlah peserta, terkait Ketersediaan Anggaran, TPS yang harus ganjil, Unsur panitia, Data Pemilih, serta pertanyaan-pertanyaan lainnya. Narasumber juga memberikan jawaban serta penjelasan terkait pertanyaan yang disampaikan.

Sementara itu, Narasumber dari bagian Hukum Pemkab Lobar Sapta Mahendra, saat menyampaikan gambaran umum tentang Perbup no 19/2018 mengatakan bahwa perbup no 19/2018 merupakan penyempurnaan dari perbup no 40/2016 secara umum perbedaan mendasar hanya pada persyaratan bakal calon. Jika sebelumnya bakal calon adalah warga desa setempat, maka perbup ini membolehkan bakal calon berasal dari luar desa yang bersangkutan. (KIM Berdaya Saing/Sudarta)

print