Pokmas Peduli Sungai Kini Sudah Terbentuk di Lombok Barat

Batulayar, Kominfo-Dalam rangka Karya Bhakti TNI AD, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) bersama Kodim 1606/Lobar melakukan restorasi sungai yang menyasar 2 Lokasi Sungai, yaitu Sungai Karang Lamper Kecamatan Kuripan dengan panjang 4 Kilometer dan telah direstorasi sepanjang 72 meter dan di Sungai Teloke, Desa Batulayar, Kecamatan Batulayar yang dimulai dari Dusun Tanak Embet Timur, Dusun Tanak Embet Barat, Dusun Teloke Tengah, Dusun Teloke Lauk dan Dusun Kekeran dengan panjang 3 Kilometer dan telah direstorasi sepanjang 1,6 Kilometer.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas PUTR Lobar yang terkoneksi dengan BWS NTB Satu dan Dinas Pertanian, masyarakat bisa membentuk Kelompok Masyarakat (POKMAS) Peduli Sungai.

“Pokmas inilah yang nantinya menjadi terdepan dalam memelihara dan mengembalikan sungai kepada fungsi aslinya sebagai ekosistem lingkungan. Salah satunya adalah sebagai penyedia air irigasi dan bahkan sumber baku air minum. Untuk saya berharap Pokmas berfungsi sebagai “Polisi” dari masyarakat yang membuang sampah, BAB sembarangan, dan bisa memberdayakan fungsi sungai secara ekstensif dengan menjadikan sungai sebagai eko-wisata di desa yang dilalui,” kata Bupati pada  Gelar Pasukan Karya Bhakti KODIM 1606 Lobar di Lapangan Dusun Teloke Desa Batulayar, Kamis (24/10/2019).

Bupati Lobar menambahkan, karya bhakti ini juga ditujukan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk memelihara dan mejaga sungai dari prilaku hidup masyarakat yang kurang peduli terhadap keberlangsungan sungai. Selanjutnya pihak TNI akan mendorong warga desa membentuk komunitas masyarakat peduli sungai, yang nantinya komunitas ini akan bertanggung jawab terhadap kebersihan sungai diwilayahnya masing-masing.

“Program restorasi sungai mulai muncul saat peringatan Hari Air Sedunia tanggal 23 Maret lalu. Saat itu saya sampaikan restorasi sungai harus dimulai pada satu sungai di setiap Kecamatan yang berdekatan dengan ibu kota kecamatan, maupun sungai yang berpotensi dan yang sebelumnya menimbulkan persoalan masalah banjir dan sebagainya,” ujar orang nomor satu di Lombok Barat ini.

Bupati menambahkan, dari itu setelah terdentifikasi dan memang semuanya penting. Namun melihat beberapa pertimbangan, dicoba dan diawali di Desa Batulayar Kecamatan Batulayar dan Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan.

Selain Kegiatan karya bhakti ini juga dilaksanakan kegiatan Bakti Sosial, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Pelayanan SIM Keliling, Pemberian Sembako dan Pasar Murah.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Korem 162 Wirabhakti Nusa Tenggara Barat Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, Ketua DPRD Lobar Hj. Nur Hidayah, , Kepala Dinas PUTR Lobar Made Arthadana, Persatuan Istri Tentara (Persit) Lobar, Forum Koordinasi Kepala Daerah (Forkopimda) Lobar, Camat Batulayar, Kepala Desa se Kecamatan Batulayar, Siswa SD, SMP, SMA se Kecamatan Batulayar, dan Masyarakat sekitar. (Yani)

print