Bidang IKP

TUGAS DAN FUNGSI BIDANG IKP

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas di bidang Informasi dan Komunikasi Publik.

Fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang Informasi dan Komunikasi Publik;
  2. Penyusunan rencana program dan petunjuk teknis di bidang Informasi dan Komunikasi Publik;
  3. Pelaksanaan rencana program dan petunjuk teknis di bidang Informasi dan Komunikasi Publik;
  4. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga dan instansi lain di bidang Informasi dan Komunikasi Publik;
  5. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian di bidang Informasi dan Komunikasi Publik;
  6. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  7. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai tugas dan fungsinya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik terdiri dari :

  1. Seksi Layanan Informasi dan Komunikasi Publik;
  2. Seksi Pengelolaan Kelompok Komunikasi Publik;
  3. Seksi Kemitraan Komunikasi Publik.

Seksi Layanan Informasi dan Komunikasi Publik mempunyai tugas menyiapkan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan pelayanan informasi dan komunikasi publik.

Fungsi:

  1. pelaksanaan diseminasi informasi perhubungan nasional;
  2. pemberian pelayanan data dan informasi kepada yang membutuhkan;
  3. pelaksanaan penyusunan konsep kebijakan di bidang layanan informasi masyarakat;
  4. pelaksanaan perencanaan dan perumusan sistem dan tata cara pelayanan masyarakat/standar pelayanan minimal di bidang komunikasi dan informasi;
  5. pelaksanaan penyebaran informasi secara mobile;
  6. penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  7. pengumpulan bahan penyusunan lakip dinas sesuai bidang tugasnya;
  8. pemberian saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  9. pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada kepala bidang; dan
  10. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi Pengelolaan Kelompok Komunikasi Publik mempunyai tugas menyiapkan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan Pengelolaan Kelompok Komunikasi Publik.

Fungsi :

  1. penerimaan dan pengklarifikasian seluruh pengaduan masyarakat;
  2. pemproses dan menindaklanjuti serta mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait;
  3. pelaksanaan pembuatan konsep/kajian penyelesaian tuntutan masyarakat terhadap pelayanan;
  4. pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelayanan di bidang komunikasi dan informasi publik;
  5. pelaksanaan pengendalian dan pengawasan (monitoring dan evaluasi) layanan masyarakat di bidang komunikasi dan informasi;
  6. penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  7. pengumpulan bahan penyusunan lakip dinas sesuai bidang tugasnya;
  8. memberikan masukan dan pertimbangan kepada pimpinan dalam hal tuntutan masyarakat.
  9. pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada kepala bidang; dan
  10. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Seksi Kemitraan Komunikasi Publik mempunyai tugas menyiapkan bahan perencanaan, perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan koordinasi serta pelaksanaaan Kemitraan Komunikasi Publik.

Fungsi :

  1. pelaksanaan pengembangan kemitraan dengan media massa dalam rangka penyebaran informasi di bidang komunikasi dan informasi;
  2. pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan analisa terhadap sistem pelayanan informasi kabupaten
  3. pelaksanaan penyusunan rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang;
  4. pelaksanaan penyusunan program pengembangan sistem komunikasi dan informasi;
  5. pelaksanaan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka peningkatan pelayanan masyarakat di bidang komunikasi dan informasi;
  6. pelaksanaan pengawasan dan pengendalian pengembangan sarana dan prasarana komunikasi dan informasi;
  7. penyiapan bahan, analisa terhadap potensi daerah yang dapat dikelola dinas komunikasi dan informatika;
  8. penyiapan bahan evaluasi dan pelaporan;
  9. pelaksanaan pengumpulan bahan penyusunan LAKIP Dinas sesuai bidang tugasnya;
  10. pemberian saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  11. pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Bidang; dan
  12. pelaksanaan tugas-tugas lain yang dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya..