Tupoksi

Tugas Pokok dan Fungsi

Sekretariat

  • Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris.
  • Sekretaris sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam memimpin, membina, mengarahkan mengkoordinasikan dan mengendalikan tugas-tugas lingkup pengelolaan dan pelayanan kesekretariatan yang meliputi pengelolaan umum kepegawaian, pengkoordinasian penyusunan program, pengelolaan keuangan serta pengkoordinasian tugas-tugas Bidang.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada pasal 4 ayat (2), Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. Penyelenggaraan administrasi umum, rumah tangga dan perlengkapan;
  2. Penyelenggaraan administrasi keuangan dan kepegawaian;
  3. Pelaksanaan pembinaan pelaksanaan administrasi umum, keuangan dan kepegawaian;
  4. Penyelenggaraan pembinaan kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  5. Penyiapan bahan rancangan dan pendokumentasian perundang-undangan, pengelolaan perpustakaan dan hubungan masyarakat;
  6. Pelaksanaan koordinasi dengan unit kerja terkait;
  7. Penyusunan laporan hasil kegiatan sekretariat;
  8. pelaksanaan pengkoordinasian penyelenggaraan tugas-tugas Bidang; dan
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Sekretariat terdiri dari :
    1. Sub Bagian Program;
    2. Sub Bagian Keuangan;
    3. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

(2)   Sub   Bagian  sebagaimana   dimaksud   pada   ayat (1),  dipimpin oleh  seorang kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada  Sekretaris.

                                                     

 

 

Pasal  7

  • Sub Bagian Program sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf a mempunyai tugas melaksanakan dan mempersiapkan penyusunan perencanaan dan program kerja tahunan dinas, menyiapkan bahan kebijakan teknis perencanaan, evaluasi pelaksanaan program/kegiatan di lingkungan Dinas.
  • Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana  dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Program memiliki fungsi:
  1. pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran subbagian Program;
  2. pelaksanaan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan rencana, program di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  3. pelaksanaan penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan anggaran di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  4. pelaksanaan penyiapan bahan penyusunan pedoman teknis pelaksanaan kegiatan tahunan di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  5. penyiapan bahan penyusunan satuan biaya, daftar isian pelaksanaan anggaran, petunjuk operasional kegiatan, dan revisi anggaran;
  6. pelaksanaan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data dan statistik di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  7. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  8. pelaksanaan penyusunan laporan kinerja di bidang Komunikasi dan Informatika ;
  9. pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan subbagian Program; dan
  10. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.
  • Sub Bagian Keuangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf b mempunyai tugas melaksanakan penyusunan anggaran program kerja, pengelolaan administrasi keuangan  rutin,  urusan pembukuan dan menyusun pertanggungjawaban, urusan perbendaharaan anggaran belanja dinas serta  pembinaan administrasi keuangan pembangunan di lingkungan Dinas.
  • Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana  dimaksud pada ayat (3), Subbagian Keuangan memiliki fungsi:
  1. pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran Sub bagian Keuangan;
  2. pelaksanaan urusan akuntansi, dan verifikasi keuangan;
  3. pelaksanaan urusan perbendahaan, pengelolaan penerimaan negara bukan pajak, pengujian dan penerbitan surat perintah membayar;
  4. pelaksanaan urusan gaji pegawai;
  5. pelaksanaan administrasi keuangan;
  6. pelaksanaan penyiapan pertanggungjawaban dan pengelolaan dokumen keuangan;
  7. pelaksanaan penyusunan laporan keuangan;
  8. pelaksanaan penyiapan bahan pemantauan tidak lanjut laporan hasil pengawasan dan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dan gantirugi;
  9. pelaksanaan penyusunan Rencana Kebutuhan BarangUnit (RKBU) dan Rencana Pemeliharaan Barang Unit (RPBU);
  10. pelaksanaan penyiapan bahan penatausahaan dan inventarisasi barang;
  11. pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan Subbagian Keuangan; dan
  12. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf c mempunyai tugas melakukan pengelolaan ketatausahaan, rumah tangga dan pembinaan serta pengurusan administrasi umum kepegawaian di lingkungan Dinas.
  • Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana  dimaksud pada ayat (5), Sub Bagian Umum dan Kepegawaian memiliki fungsi:
  1. pelaksanaan penyusunan rencana dan anggaran Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  2. pelaksanaan urusan rencana kebutuhan dan usulan pengembangan pegawai;
  3. pelaksanaan urusan mutasi, tanda jasa, kenaikan pangkat, kenaikan jabatan, pemberhentian dan pensiun pegawai;
  4. pelaksanaan urusan tata usaha kepegawaian, disiplin pegawai dan evaluasi kinerja pegawai;
  5. pelaksanaan urusan tata usaha dan kearsipan;
  6. pelaksanaan urusan rumah tangga, keamanan dan kebersihan;
  7. pelaksanaan urusan kerja sama, hubungan masyarakat dan protokol;
  8. pelaksanaan evaluasi kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  9. pelaksanaan telaahan dan penyiapan bahan penyusunan peraturan perundang-undangan;
  10. pelaksanaan penyusunan laporan dan pendokumentasian kegiatan Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
  11. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Dinas sesuai dengan tugasnya.