Visi Misi

 “Terwujudnya Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat Yang Handal dan Inovatif 

Dalam Lingkungan Global”

Penjelasan Visi :

  1. Visi diatas merupakan suatu gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh Diskominfo Kabupaten Lombok Barat sebagai suatu penyelenggara teknis daerah menjalankan amanah menyelenggarakan dan mengembangkan aspek komunikasi, informatika dan statistic yang memiliki kehandalan dan selalu melakukan perubahan-perubahan ke arah kemajuan dalam lingkungan global.
  2. Makna kata “Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lombok Barat : mengandung pengertian bahwa unsur-unsur yang berkaitan dengan berbagai informasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang dikomunikasikan sesuai ketentuan perauran perundang-undangan,dan proses pengelolaan data, informasi dan statistik yang dimiliki Kabupaten Lombok Barat.
  3. Makna kata handal : berarti aspek komunikasi, informatika dan statistikyang dimiliki Kabupaten Lombok Baratmemiliki kehandalan, yang dicerminkan oleh: berteknologi tinggi, berkualitas dan ramah lingkungan.
  4. Makna kata inovatif : berarti aspek komunikasi, informatika dan statistikyang dimiliki Kabupaten Lombok Baratbersifat dinamis, selalu melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik dan dapat menjawab berbagai kondisi dan keadaan.
  5. Makna kata Lingkungan Global : berarti lingkungan tanpa dibatasi oleh batas ruang, waktu dan jarak.
    • MISI

Untuk mewujudkan Visi yang telah ditetapkan di atas dicapai melalui langkah-langkah pelaksanaan yang dituangkan dalam misi. Rumusan misi Diskominfo Kabupaten Lombok Barat adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kapasitas kelembagaan komunikasi, informatika dan statistik.
  2. Meningkatkan kinerja layanan dibidang informasi, komunikasi dan statistik.
  3. Meningkatkan daya saing pengelolaan informasi, komunikasi dan statistik untuk penyelenggaraan pemerintahan.
  4. Meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan informasi, komunikasi danstatistik.

Penjelasan MISI:

  1. Meningkatkan kapasitas kelembagaan komunikasi, informatika dan statistik.

Kelembagaan komunikasi, informatika dan statistik daerah merupakan pelaksana teknis daerah yang menyelenggarakan sebagian tugas pemerintahan daerah.

Dengan demikian Kelembagaan komunikasi, informatika dan statistik daerah dituntut memiliki kapasitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, yang ditunjukkan oleh terlaksananya ketatalaksanaan organisasi, tersedianya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan profesionalitas, dukungan sarana dan prasarana, serta berjalannya perencanaan, monitoring dan evaluasi dan pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel.

Untuk mewujudkan hal tersebut dilakukanmelalui langkah-langkah optimalisasi, pembinaan dan bimbingan kepada aparatur dan dan berkalannya sistem pengendalian internal di lingkungan SKPD.

  1. Meningkatkan kinerja layanan dibidang informasi, komunikasi dan statistik.

Diskominfo sebagai institusi yang memberikan layanana dibidang informasi, komunikasi dan statistik, yangmenjalankan amanah undang-undang, merupakan bagian dari istrumen komunikasi dan informatika nasional, melalui penyebaran informasi dan aktifitas komunikasi antara pemerintah dengan berbagai kepentingan, sedangkan statistik daerah merupakan instrument daerah dalam rangka perencanaan, pengambilan kebijakan dan pembangunan daerah.

Dengan demikian dalam menjalankan tugas layanan, Diskominfo memiliki kemampuan dan kompetensi, yang ditunjukkan oleh berkembang dan terfasilitasinya kegiatan usaha dibidang informasi dan komunikasi, terselenggaranya informasi publik, berkembangnya masyarakat informasi, meningkatnya wawasan dan pengetahuan, serta mencerdaskan masyarakat, serta terjalinnya kerjasama dan koordinasi dengan berbagai pihak dalam upaya pengembangan bidang informasi dan komunikasi.Pengamanan terhadap data dan informasi melalui pengembangan  persandian juga menjadi penting dalam upaya menjaga dan melindungi kerahasiaan, dan untuk menjamin bahwa data dan informasi penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Lombok Barat diperoleh secara benar dan dipergunakan secara bertanggungjawab.

  1. Meningkatkan daya saing pengelolaan informasi, komunikasi dan statistik untuk penyelenggaraan pemerintahan.

Peningkatan daya saing pengelolaan informasi, komunikasi dan informatika untuk penyelenggaraan pemerintahan menjadi penting dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik (good government) dan pemerintahan yang bersih (clean gavernance), melalui pengelolaan dan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Penyelenggaraan e-government, yang salah satunya pengelolaan website dan pengembangan jaringan, sistem dan perangkat informasi dan komunikasi. Pengembangan perangkat lunak, seperti aplikasi dan sistem, yang merupakan perangkat operasional utama dalam bidang informasi dan komunikasi, yang dapat meningkatkan kinerja secara efektif, efisien dan dapat dipertanggung jawabkan, meningkatkan obyektifitas dan transparansi, dan menjadi salah satu instrumen penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih. Demikian juga halnya dengan ketersediaan perangkat keras yang memiliki standarisasi yang jelas dan baku, sehingga memiliki daya guna dan hasil guna yang lebih maksimal. Ketersediaan perangkat-perangkat informasi dan komunikasi tersebut mendorong pelaksanaan suatu proses secara cepat dan tepat tanpa kendala ruang dan waktu yang didukung oleh sumber daya yang optimal, yang didukung oleh adanya jaringan yang dapat diintegrasikan dengan baik pada semua SKPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat.

Dalam bidang statistik, Diskominfo memiliki tanggung jawab terhadap ketersediaan data dan informasi, yang diperoleh melalui pengolahan data dengan kaidah-kaidah statistik untuk menghasilkan data yang obyektif, baik dan benar, yang dapat dipergunakan dalam rangka pengambilan kebijakan dan pembangunan daerah. Pangelolaan database menjadi penting dalam proses perencanaan dan evaluasi pembangunan, sehingga pengelolaan database harus dikembangkan dengan baik.

  1. Meningkatkan koordinasi dan kerjasamadengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan informasi, komunikasi danstatistik.

Koordinasi merupakan suatu wadah dan sikap dalam upaya memperoleh kesepahaman.Kerjasama merupakan suatu komitmen dan kesepakatan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama.

Pengembangan aspek koordinasi dan kerjasamaakan dapat memberikan pengaruh positif terhadap pengembangan dan peningkatan bidang sektor informasi, komunikasi dan statistik, serta tetap berjalannya proses informasi dan komunikasi dengan berbagai kepentingan secara baik dan bertanggung jawab baik sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Nilai-Nilai Organisasi

Nilai adalah prinsip yang dianut agar semua melaksanakan misi dan merealisasikan visi yang ditetapkan. Nilai dijabarkan dalam sikap/perilaku, oleh karena menjadi bagian penting dari upaya bersamasecara utuh, maka nilai-nilai yang diyakini oleh Diskominfo Kabupaten Lombok Barat yang dapat menumbuhkan motivasi dalam rangka pencapaian visi dan misi diatas adalahsebagai berikut :

□    Consensus Orientation: Berorientasi pada kepentingan masyarakat.

    Keterbukaan :Aparatur Diskominfo Kabupaten Lombok Barat terbuka (transparan) dalam pelaksanaan tugas dan fungsi demi teciptanya lingkungan kerja yang produktif dan harmonis.

    Accountable : Dapat mempertanggung jawabkan segala sesuatu yang berkenan dengan tugas pokok dan fungsi organisasi.

    Kreatif-Inovatif Inklusi: Menumbuhkembangkan sikap yang kreatif  dan inovatif dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan organisasi, melalui cara berfikir.

    Sinkronisasi : Upaya penciptaan suatu proses penyelarasan dari berbagai rencana kebijakan untuk mencapai tujuan tertentu.

    Independen :Diskominfo Kabupaten Lombok Barat memiliki independensi dalam membuat kebijakan dan rencana strategis, dengan tetap melakukan kolaborasi dengan pihak-pihak lain dalam pencapaian tujuan organisasi.

    Responsiveness :Diskominfo Kabupaten Lombok Barat cepat dan tanggap dalam melayani masyarakat.

  • TUJUAN DAN SASARAN JANGKA MENENGAH

Mengacu pada pernyataan misi tersebut diatas, maka secara umum tujuan dan sasaran yang ingin dicapai Diskominfo Kabupaten Lombok Barat tahun 2017-2019 yaitu :

Misi I :    Meningkatkan Kapasitas Kelembagaan Komunikasi, Informatika dan Statistik.

Tujuan :

Meningkatkan kualitas dan daya saing kelembagaan komunikasi, informatika dan statistik .

Sasaran :

  1. Terselenggaranya pengelolaan ketatalaksanaan organisasi.
  2. Tersedianya sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan tugas dan fungsi SKPD.
  3. Tersedianya penyelenggara dan pelaksana dibidang Komunikasi, Informatika dan Statistik yang memiliki kompetensi dan profesionalisme.

Misi II :   Meningkatkan Kinerja Layanan Dibidang Informasi, Komunikasi dan Statistik.

Tujuan :

  1. Meningkatkan dan mengembangkan pengelolaan jasa dan infrastruktur informasi dan komunikasi.
  2. Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Lombok Barat.
  3. Meningkatkan layanan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan layanan pengaduan masyarakat.
  5. Meningkatkan penyelenggaraan layanan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang akuntabel dan transparan

 

Sasaran :

  1. Terlaksannya pengembangan pengelolaan jasa dan infrastruktur informasi dan komunikasi.
  2. Meningkatnya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Lombok Barat.
  3. Terlaksananya pengelolaan persandian di Kabupaten Lombok Barat.
  4. Terlaksananya penyebarluasan informasi kepada masyarakat.
  5. Terlaksananya kerjasama penyebarluasan informasi kepada masyarakat.
  6. Meningkatnya peran serta masyarakat dalam penyebarluasan informasi.
  7. Terlaksananya penanganan pengaduan masyarakat.
  8. Meningkatnya kinerja layanan LPSE Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

        Misi III :   Meningkatkan Daya Saing Pengelolaan Informasi, Komunikasi dan Statistik Untuk Penyelenggaraan Pemerintahan.

Tujuan:

  1. Meningkatkan kualitas dan daya saing Pusat Data, Informasi dan Statistik Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan pengelolaan e-government dalam rangka akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

Sasaran:

  1. Meningkatnya dan berkembangnya pengelolaan data, informasi dan statistik Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.
  2. Terselenggaranya pengelolaan database Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.
  3. Meningkatnya dan berkembangnya ketersediaan perangkat lunak dan sistem dalam penyelenggaraan e-government.
  4. Terlaksananya pengintegrasian jaringan untuk penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Lombok Barat.
  5. Terselenggaranya standarisasi perangkat informasi dan komunikasi.

Misi IV :   Meningkatkan koordinasi dan kerjasamadengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan informasi, komunikasi danstatistik.

Tujuan :

Mempercepat pengembangan bidang informasi, komunikasi danstatistik dalam upaya memenuhi tuntutan dan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan dan masyarakat;

Sasaran:

  1. Meningkatnya kerjasama, hubungan dan partisipasi berbagai sektor dalam rangka percepatan dan optimalisasi dibidang informasi, komunikasi
  2. Meningkatnya pemahaman, pengetahuan dan kesadaran hukum dibidang informasi dan komunikasi.
    • STRATEGI

Manajemen strategis didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan untuk merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi dapat mencapai tujuanya.Manajemen strategis meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi, dan evaluasi serta pengendalian.

Manajemen strategis menekankan pada pengamatan dan evaluasi peluang dan ancaman lingkungan dengan melihat kekuatan dan kelemahan organisasi. Dapat dikatakan bahwa manajemen strategis merupakan cara untuk mengelola semua sumberdaya guna mengembangkan keunggulan kompetitif jangka panjang, yang umumnya menggunakan alat analisi SWOT.

Analisis SWOT, yaitu suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangkan panjang.SWOT adalah akronim untuk kekuatan (Strenghts), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dari lingkungan perusahaan/organisasi.

Untuk  mencapai  tujuan,  Diskominfo Kabupaten  Lombok Barat telah melakukan analisis SWOT, yaitu melakukan identifikasi  terhadapberbagai faktor secara sistematis guna merumuskan strategiyang didasarkan pada logika yang memaksimalkan kekuatan(streight) dan peluang (opportuniteis), namun secara bersamaan dapat  meminimalkan kelemahan (weakness) dan ancaman (threats).