Rotary Club Akan Berikan Hibah 100 Tenda Bagi Korban Terdampak Gempa Lobar

Lingsar-KIM. Sebanyak 11 rombongan dari Rotary Club Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan berencana menghibahkan sebanyak 100 tenda Rotary dan  ke para pengungsi yang terdampak gempa Lombok di Kabupaten Lombok Barat. Dalam waktu seminggu ke depan bantuan tenda Rotary ini dipastikan akan tiba dan diserahkan langsung ke Pemda Lombok Barat.Rotary Club juga akan menyiapkan Posko di Lombok Barat untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat mellaui mobil kesehatan keliling lengkap dengan obat-obatannya. Sementara tenaga kesehatan Lombok Barat bisa menggunakan mobil ini untuk memberikan pelayanan kesehatan keliling kepada masyarakat.

Presiden Rotary Club Lombok, Ace Rubin didampingi Sumantoro dari Rotary D 3410, Wayan Suryawan Rotary D 342 Bagian Timur Indonesia, Nyoman Swastika Kepala Penanggulangan Bencana Rotary bersama 11 orang rombongan diterima di Posko Komando Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Lombk Barat di Kecamatan Lingsar, Jumat (24/8/2018).

Ace Robin kepada Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lobar mewakili Kalaksa BPBD Lobar menjelaskan, sebelumnya Rotary menghibahkan tenda yang sama di Kabupaten Lombok Utara. “Kita tidak mengira jika di Lombok Barat juga terdampak gempa bagi masyarakatnya cukup banyak. Karena itu kita hibahkan juga tenda yang sama ke Pemda Lobar untuk selanjutnya diserahkan epada yang berhak menerimanya,” tegas Ace dibenarkan anggota Rotary Club lainnya.

Ace menambahkan, mengingat pemberian tenda ini dihibahkan dan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas sumbangan dari para donatur dan anggota Rotary Club lainnya, maka diperlukan dokumen formal hibah yang ditandatangani oleh Bupat Lombok Barat selaku penerima dan pihak Rotary selaku pihak yang menyerahkan. “Sebelum didistribusikan ke penerima kita minta Pemda bisa menyimpannya terlebih dahulu di tempat khusus agar lebih terawat dengan baik,” jelas Ace.

Ace menjelaskan, tenda dimaksud bisa diisi oleh 10 orang lengkap dan sangat memenuhi kelayakan tempat tinggal sementara. Pihak Rotary juga kerap kali melakukan kegiatan serupa bagi korban bencana baik gempa, tsunami, banjir maupun gunung meletus.

Kecuali itu yang menjadi catatan nanti bagi Rotary yang bisa tinggal di tenda hunian sementara ini diutamakan bagi orang tua, warga yang sakit, anak-anak balita, penyandang cacat (difabel) ataupun orang-orang yang dalam kondisi lemah.

Selain bantuan tenda bagi masyarakat terdampak bencana, Rotary Club juga telah berpengalaman memberikan bantuan layanan kesehatan melalui mobil layanan kesehatan keliling yang membantu ibu-ibu hamil maupun masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. “Semoga kiprah kami ini bisa mengurangi kesedihan dan kesulitan masyarakat yang terkena musibah bencana ini,” demikian Ace. (her/KIM Lingsar)

.

print