Sedau Segera Gelar Malean Sampi

Narmada – KIM. Seakan tak mau kalah dengan Desa Nyurlembang yang menggelar even kolosal “Malean Sampi”, Desa Sedau akan segera menggelar event serupa dan dipastikan diselenggarakan pada minggu terakhir bulan Februari ini dengan lokasi pilihan yang sudah menetap yakni di Bendungan Gunung Jae.

“Memang tak ada lokasi lain yang strategis selain di bendungan Gunung Jae. Karrna lokasi ini kerap kali dipusatkan sebagai pagelaran budaya, jambore ataupun kegiatan outbound lainnya dari kalangan sekolah-sekolah asal Mataram  ataupun Lombok Barat,” jelas Kepala Desa Sedau Munahar ditemui KIM di Nyurlembang, Sabtu (18/2).

Sejauh ini pelaksanaan malean sampi di wilayah yang dikenal penghasil buah ini menurut Munahar hanya menjadi atraksi budaya masyarakat Desa Sedau yang tetap dilestarikan. Namum penyelenggaraannya pada even-even tertentu saja.

Tradisi ini juga sebagai sarana hiburan rakyat secara massal dan sebagai wujud syukur petani peternak yang baru selesai panen padi dan menyambut musim tanam berikutnya,” jelas Munahar.

Ditanya upaya pemberdayaan bagi peternak untuk mendongkrak ekonomi masyarakatnya, Munahar mengaku jika pihaknya melalui dana desa akan melirik pumbuatan pupuk organik yang bisa dijadikan sebagai pupuk bagi para petani dan juga bisa dijual ke sesama anggota petani lainnya. Sehingga peternak bisa mendapatkan nilai tambah secara ekonomi,” ujarnya oftimis. (Her)

print