Semarak Tahun Baru Hijriyah didusun Tragtag

Lingsar-KIM. Rabu 20/09/2017 yang bertepatan dengan 29 Zulhijjah adalah hari terakhir untuk tahun 1438 Hijriah menurut kalender Islam sehingga pada sore hari ini tepatnya menjelang magrib terdengar hampir disemua Masjid gema suara pembacaan do’a akhir tahun yang digelar oleh ummat Islam baik dikota maupun dikampung-kampung tak terkecuali didusun Tragtag.

Menjelang magrib warga Muslim dusun Tragtag desa Batu Kumbung kecamatan Lingsar Lombok Barat berkumpul diMasjid, Musholla dan Majlis ta’lim, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyambut pergantian tahun 1438 H ke-1439H.

Kegitan tersebut diawali dengan pembacaan do’a akhir tahun sambil menunggu matahari terbenam atau kumandang azan magrib. Setelah azan magrib berkumandang acarapun dilanjutkan dengan sholat magrib berjama’ah dan pembacaan do’a awal tahun serta rangkaian acara lainnya. Sebelum acara di turup salah seorang tokoh agama di dusun tersebut menyampaikan beberapa hal terkait dengan datangnya tahun baru 1 Muharram 1439 H ini.

“Dengan datangnya tahun baru ini marilah kita melakukan introspeksi diri atau bermuhasabah atas apa yang telah kita lakukan pada tahun sebelumnya, jika pada tahun yang baru saja berlalu ini banyak kekeliruan maka mari kita perbaiki ditahun baru ini agar kita tidak menjadi orang yang rugi dan kita harus bersyukur setinggi-tingginya kepada Allah karena kita masih diberi kesempatan untuk memperbaiki segala kesalahan kita dan meningkatkan amal sholeh kita dan marilah kita berdo’a semoga kegagalan-kegagalan yang kita alami pada tahun sebelumnya diganti dengan kesuksesan di tahun baru ini” ungkapnya.

Tokoh agama tersebut juga menyampaikan bahwa acara semacam ini rutin digelar pada waktu pergantian tahun disetiap tahunnya. KIM Lingsar Lestari/Sapar

print