Simulasi UNBK di MAN 1 Gerung

Gerung, KIM. Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serentak pada April mendatang Siswa/Siswi  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Lombok Barat (Lobar) sudah mulai aktif mengikuti simulasi ke 2 pada periode ke 2 yang di laksanakan serentak mulai Senin 4 hingga 8 februari 2019.

Wakil Kepala Sekola (Wakasek) MAN 1 Gerung Maisyarah saat di temui diruang kerjanya, Rabu (6/2) menjelaskan,  pihaknya sudah melakukan simulasi dua kali.

Diantaranya, simulasi Ujian Agama Nasional Berbasis Komputer (UANBK). Kedua UNBK pada mata pelajaran Umum.

Sebelumnya MAN I Lobar sudah 2 priode melaksanakan UNBK, terhitung dari tahun 2017 dan saat ini 2018. Simulasai dilakukan sebagai salah satu uji coba bagi siswa agar siswa tdak kaget saat mengahadapi UNBK serta bisa mendapatkan nilai murni”, lanjutnya.

Berdasarkan pantauan KIM, saat melaksanakan simulasi perserta ujian terlihat rapi dan suasana terasa hening sebab siswa terfokus pada soal ujian. Karena tempat dan Unit komputer tersedia sebanyak 42 komputer yang terpasang di dua kelas sehingga siswa mengikuti simulasi secara bergantian. Sedangkan waktu yang diberikan untuk menjawab soal selama 120 menit atau selama 2 jam.

Wawan salah satu staf ahli Laboratorium Komputer menjelaskan, dari keseluruhan yang peserta yang mengikuti simulasi terhitung jumlah siswa sebanyak 122 yang ikut serta dalam ujian tahun ini.

“Oleh sebab itu simulasi kali ini terbagi dalam 3 sesi. Setiap sesinya berisikan 40 siswa yang terbagi dalam dua ruangan. Sedangkan untuk sesi terakhir berjumlah 42 orang,” ungkapnya.

Maysharah, juga mengungkapkan bahwa Simulasi ini dilakukan dengan tujuan agar Siswa terbiasa dan tidak kaget saat melaksanakan UNBK ketika menjawab soal yg di ujikan berbasis Komputer” terangnya.

selain itu Irma Rahmani salah satu siswi kelas 12 IPA I, juga mengaku cukup dedegan saat mengikuti simulasi UNBK 2019. “Sempat terjadi kesalahan tehnis saat mengerjakan soal namun Alhamdulillah semua teratasi dgn cepat sehingga saya bisa selesai tepat waktu” lanjutnya. (Indie/KIM Kediri)

print