Sosialisasi APBdes di Desa Jembatan Kembar Timur

Lembar – KIM. Desa Jembatan kembar melakukan langkah cepat dengan segera melakukan sosialisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (ABDes)  tahun 2017, Rabu 4/4 di Aula kantor desa setempat.

Kades Jembatan Kembar Timur, H. Ismail Darwan menjelaskan, pada tahun 2017 ini jumlah Dana Desa di Jembatan Kembar sebesar Rp. 1,6 Milyar lebih, dengan komposisi 30-70%. Rinciannya 30% nya untuk Penghasilan Tetap (Siltaf) yakni penghasilan tetap Kepala Desa dan perangkatnya. Sedangkan 70% nya untuk membiayai empat bidang yakni, bidang pembinaan, pembangunan, pemberdayaan serta kegiatan pemerintahan. Dalam hal ini dari Pemerintah Desa akan mendahulukan yang sudah menjadi skala prioritas dengan sistem pengerjaan pada termin kesatu dan kedua.

Berdasarkan pantauan KIM, apa yang di laksanakan oleh Pemerintah Desa Jembatan Kembar Timur ini patut di acungi jempol mengingat desa lain di Kecamatan Lembar baru satu desa yang sudah finalisasi APBDesnya.              Langkah Kades ini cukup afektif dalam rangka meredam isu isu tidak sedap dalam rangka transparansi anggaran sehingga tercipta desa yang transparan dan akuntabilitas.

Jika berkaca dari persoalan yang terjadi beberapa waktu lalu adanya kecurigaan oknum terhadap pola pengerjaan program Dana Desa yang tidak terbukti penyalah gunaannya menjadi pembelajaran penting buat semua Desa termasuk jembatan kembar timur.

Pemerintah Desa Jembatan Kembar Timur tidak mau mengambil resiko, sehingga jalan satu satunya adalah menggunakan media musyawarah serta sosialisasi di setiap masjid dengan menghadirkan semua masyarakat.

Hal ini juga sesuai dengan amanat Menteri Desa bahwa penggunaan dana desa harus transparans termasuk juga menempel pengumuman dan di umumkan di setiap masjid dan tempat ibadah lainnya dengan menggunakan pengeras suara.

Dalam sosialisasi tersebut selain Kades juga hadir, Ketua BPD, Pendanping Desa, PLD dan PDTI, Kepala Dusun, Kader Posyandu, para Ketua RT, penghulu desa dan semua penghulu kampung Desa Jembatan Kembar Timur.  Amirullah/ Kim Lembar Bersaing

print