77 Desa Ikuti Pilkades Serentak Lombok Barat

Gerbang-KIM. H. Ilham. S. Pd, M.Pd (Asisten 1) Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lobar membuka secara resmi sosialisasi pemilihan kepala desa(Pilkades) serentak gelombang ke dua tahun 2018 di Aula Utama Kantor Bupati. Kamis, 4 oktober 2018.

Sesuai Permendagri N0.112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), daerah diminta untuk betul-betul mengkaji ketentuan dan aturan dalam peraturan ini. Ada bab yang menuntun daerah agar menggelar pemilihan secara serentak.

Di Lombok Barat telah melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 18 Desa di 9 Kecamatan kecuali kecamatan kuripan untuk gelombang pertama pada tahun 2016 dan ditahun 2018 sebanyak 77 desa dari 119 desa di Lombok Barat yang akan melaksanakan Pilkades serentak.

Dalam sambutannya H. Ilham mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian kepada kepala desa yang pertama, mulai tanggal 1 sampai dengan 30 Oktober Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan pemeriksaan rinci. “BPK melakukan pemeriksaan rinci terhadap desa, dimana sumber sumber keuangan desa dan bagaimana pertanggung jawaban pengelolaan keuangan desa”.

Ilham menambahkan, terkait dengan hal tersebut diharapkan kepada semua kepala desa dan pengurus BPD untuk menyediakan semua yang diminta secara administrasi ataupun informasi.

Yang kedua, pilkades saat ini sedang berada pada situasi daerah sedikit agak anomali ada suatu kelainan dari biasanya, sehingga banyak yang tidak stabil didalam pemerintahan saat ini “anggaran kita sedang tidak stabil, pelayanan kita sedang tidak stabil, masyarakat kita juga sedang tidak stabil seperti kondisi, fisik, maupun physikologi” yang dialami akibat gempa 7 SR yang sama sama kita alami dan rasakan beberapa bulan yang lalu.

Terakhir dalam sambutannya H. Ilham mengingatkan untuk semua pihak yang akan terlibat dalam pilkades serentak nanti yang paling terpenting adalah tentang keamanan, keamanan harus menjadi perhatian yang serius dalam pelaksanaan pilkades nanti. Ilham meminta kepada semua pihak untuk melibatkan pihak terkait dalam penanganan keamanan baik didalam proses, penghitungan maupun di TPS.

Turut hadir dalam acara Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018 H. Ilham. S. Pd, M. Pd (Asisten 1), OPD terkait, Para Camat, Kepala Desa dan pengurus BPD masing masing desa.  Angge/Ivan R-Kim Gerbang

print