Sosialisasi Penanganan Rumah Dampak Gempa di Senggigi

Batulayar-KIM. Rencana rekonstruksi dan rehabilitasi rumah warga pasca gempa di Kecamatan Batulayar secara bertahap terus di laksanakan. Rabu, (3/10/2018)  di Aula Kantor Desa Senggigi dilakukan socialisasi.

Hadir pada kesempatan itu, Camat Batulayar, Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), semua Kepala Dusun, RT dan sejumlah tokoh ikut terlibat dalam pemaparan sistem rehabilitasi yang akan dilakukan ke depan.

Kepala Desa Senggigi Ilham mengatakan kepada warganya yang hadir agar dalam penjelasan atau diskusi nanti meminta warganya untuk menanyakan segala sesuatu yang terkait dengan rencana rehabilitasi dan rekonstruksi rumah.

“Saya harapkan kepada warga agar bertanya nanti sedetail-detailnya kemungkinan permasalahan yang dihadapi di lapangan,” kata Ilham.

Plt. Camat Batulayar Mahyudin menjelaskan, hal pertama yang menjadi penekanan bagi masyarakat yakni belum terbentuknya Kelompok Masyarakat (Pokmas). Karena itu Mahyudin meminta kepada masyarakat khususnya para Kepala Dusun untuk mulai bekerja. “Silakan nanti setelah pertemuan ini, agar segera membentuk kelompok sesuai dengan golongan atau ketegori kerusakan mereka,” harap Camat.

Pertemuan penting tersebut pun mengundang sejumlah pertanyaan dari warga. Jamaah, salah seorang warga Desa Senggigi mempertanyakan peran fungsi pengurus. Apakah pengurus seperti Ketua, Sekretaris dan Bendahara itu punya honor dalam mengurus anggotanya?.  Pertanyaan tersebut belum bisa diberikan jawaban yang pas baik oleh Camat maupun perwakilan Dinas PUPR. Selama pengerjaan nanti, pengurus akan didampingi oleh petugas. (M. Jeem/KIM Layar Stone))

print