Sosialisasi Perbup Lobar tentang Pengangkatan Aparatur Desa

Batulayar – KIM. Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 9 Tahun 2017 tentang Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa Sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 10 Tahun 2017 tentang Struktur Organisasi Perangkat Desa kembali disosialisasikan. Hingga kini baru 4 Desa yang pernah mendapatkan sosialisasi. Desa Pusuk Lestari, Batulayar, Senggigi dan Desa Lembahsari. Gambar yang menjadi pelengkap informasi ini adalah gambar sosialisasi yang dilakukan di Desa Lembahsari Kecamatan Batulayar, Senin, 21 Agustus 2017.
Peserta sosialisasi terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat serta tokoh wanita di tingkat Desa. Dalam sambutan yang disampaikan oleh H. Suratman selaku Kepala Desa bahwa tujuan dari sosialisasi adalah agar masyarakat mengetahui mekanisme pengangkatan dan pemberhentian aparatur desa. Perangkat desa, punya aturan yang sudah jelas, ini sesuai dengan undang-undang yang akan dibahas nanti oleh Narasumber. Supaya jangan ada lagi dari masyarakat yang bertanya, meragukan bagaimana status dari perangkat desa, karena mereka terpilih atas dasar aturan yang sudah jelas, demikian urai Kepala Desa saat memberikan sambutan.
Ni Ketut Seniarsi, S. Sos, M. Yudi Syarif, S. Sos menjadi narasumber saat menyampaikan peraturan yang memuat tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa. Ketut Seniarsi yang menjabat sebagai Kasi Pemerintahan membeberkan bagaimana petunjuk teknis pengangkatan dan pemberhentian aparat desa. Salah satunya yang sempat disebutkan adalah dengan membentuk panitia seleksi (pansel). Melalui pansel, perangkat desa dapat diangkat dengan melewati beberapa tes. Batulayar misalnya, kemarin untuk pemilihan Calon Sekretaris Desa telah melakukan beberapa tes seleksi, demikian penyampaian Kasi Pemerintahan Kecamatan Batulayar tersebut.
Seperti yang telah sampaikan sebelumnya oleh Pak Kades, bahwa tujuan dari diadakannya sosialisasi ini adalah adalah agar masyarakat mengetahui, memahami bagaimana peraturan terkait masalah perangkat desa. Ada beberapa pertanyaan yang menggelitik usai materi dipaparkan. Misalnya, masyarakat mempertanyakan kategori umur. Kebiasaan masyarakat, orang yang lebih tua umurnya, itulah yang diangkat baik menjadi Sekdes dan sebagainya, hal tersebut untuk kewibawaan. Menanggapi hal tersebut pemateri menyampaikan jawaban sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Misalnya untuk kategori umur, yang tidak boleh lebih dari 42 tahun. Sosialisasi ini mendapat respon positif khususnya oleh Kepala Desa Lembahsari. KIM Layar Stone/Muhtar Juaini
print