Study Banding Ke Lombok Barat Meningkat

Gerung  – KIM.  Rabu, (29/3), Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam tahun 2017 ini  banyak mendapatkan kunjungan kerja dari luar daerah dan mengalami peningkatan. Tujuannya untuk belajar dan sharing informasi terkait potensi yang di miliki.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid  belum lama ini pernah menyatakan, jumlah kunjungan kerja di tahun 2016 sejumlah 300 lebih. Belum lagi kunjungan yang secara langsung ke lapangan. Dan untuk ditahun 2017 menargetkan kunjungan akan mengalami peningkatan yang lebih banyak karena Lobar merupakan daerah wisata halal dunia yang di rekomendasikan oleh Kementrian Pariwisata RI.

Untuk kali ini apa yang diharapkan Bupati H.Fauzan Khalid menjadi kenyataan. Pada Rabu (29/3), tiga DPRD Kabupaten di terima langsung oleh Staf Ahli Bidang Aparatur dan Pemerintahan  Ir.Chairul Bahtiar MM mewakili Bupati di Aula Jayengrane Kantor Bupati Lombok Barat Giri Menang.

Ketiga DPRD tersebut antara lain DPRD Pasaman Barat Propinsi Sumatra Barat, DPRD Kabupaten Indramayu Jawa Barat dan DPRD Kabupaten Konawe Propinsi Sulawesi Tenggara serta Dinas Perhubungan Kabupaten Pati yang langsung ke Dinas Perhubungan Lombok Barat.

Kunjungan ke empat Kabupaten tersebut memiliki misi yang berbeda- beda. DPRD Pasaman Barat, Sumbar kunjungannya untuk menggali Informasi terkait pembuatan Raperda tentang desa. Selain itu DPRD Pasaman Barat juga menanyakan unsur-unsur dalam kompetisi pemilihan kepala desa. Rombongan yang dipimpin langsung oleh H.Daliyus K, SSi dari Pansus Pemerintahan Desa dengan jumlah rombongan 25 orang.

DPRD Kabupaten Indramayu, Jabar di pimpin oleh H. Taufik Hidayat, SH, M,Si. Kedatangannya ingin belajar cara pembahasan terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) yang di buat oleh Kepala Daerah. Adapun DPRD Indramayu membawa rombongan sejumlah 30 orang dari semua fraksi dan sekretariat dewan.

Berikutnya  sekitar 20 orang DPRD Kabupaten Konawe Selatan dengan tujuannya berbeda dengan Kabupaten lainnya yakni ingin berkonsultasi  terkait Perda konsumsi Wap dan asiminasi buatan yang sudah duluan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Barat. Ketua rombongan di pimpin Syahrun yang juga ketua komisi II DPRD Kabupaten Konawe Selatan. Dan untuk Kabupaten Pati secara langsung ke Dinas perhubungan untuk belajar mengenai PAD yang sumber pengelolaaan dari Dinas perhubungan sendiri.

Ir.H.Chairul Bahtiar,MM  Staf Ahli Bupati Bidang Aparatur Pemerintahan menyambut gembira kedatangan ketiga Kabupaten tersebut yang secara langsung di terimanya “Terima kasih bapak ibu telah memilih Lombok Barat sebagai daerah kunjungannya,”katanya.

Pada kesempatan itu Bachtiar juga memperkenalkan Lombok Barat dari sisi potensi wisatanya yang dimiliki, “Lombok Barat merupakan satu dari 10 Kabupaten di NTB memiliki 10 Kecamatan, 119 desa dan 3 Kelurahan”paparnya

Ditambahkan Bachtiar, Lombok Barat terkenal dengan daerah wisata pantai dan alamnya. Ia mencontohkan Taman Narmada dengan air awet mudanya. ”Kalau ada yang meminumnya maka akan awet muda,”cetusnya

Kunjungan kerja tersebut juga dihadiri oleh Staf ahli Bupati Ir. Sakri , perwakilan BPMPD, Bappeda, Kabag Pemerintahan, dan dari Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat. Dedy – KIM Narmada Berdayasaing

print