Surat Suara Logistik Pemilu Sudah Tiba di Lobar, Wilayah Gili Jadi Perhatian

Gerung, Kominfo/KIM. Pelaksanaan pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang semakin dekat. Ajang untuk memilih para wakil rakyat (Pileg) dan Pil[pres tersebut telah dipersiapkan sebelumnya oleh penyelenggara Pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lombok Barat.

Hingga saat ini pendistribusian kertas suara dari percetakan sudah sampai di Lombok Barat dan langsung disimpan di gudang logistik Pemilu Lobar di Desa Lelede, Kecamatan Kediri.

Ketua KPUD Lobar, Bambang Karyono membenarkan jika surat suara untuk pelaksanaan Pemilu di Lobar sudah diterima baik untuk surat suara DPR RI, Pipres, DPRDKabupaten Lobar terkecuali untuk Dapil IV Narmada dan Lingsar dan DPD.,

“Belum kita ketahui pasti kapan surat suara di Dapil IV akan tiba, kartena itu butuh proses yang harus dilaporkan terlebih dahulu ke KPU RI baru ke rekanan untuk mencetaknya,” kata Bambang di Gerung, Jumat (8/3/2019).

Menyinggung jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lobar saat ini berjumlah 479.882 plus 2 persen dari jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Lobar saat ini sebanyak 2.200 TPS.

Menyangkut keamanan distribusi logistik, Bambang menyerahkan sepenuhnya ke petugas keamanan Polri dan TNI. Keamanan sangat menentukan tertib dan lancarnya pengiriman distribusi logistik baik dari percetakan, KPUD hingga ke ribuan TPS yang ada di Lobar.

Selain itu kata Bambang, pihaknya juga dalam waktu dekat ini dengan tibanya surat suara akamn merekrut tenaga pelipat dan penyortiran surat suara. Dari proses ini KPUD Lobar katanya akan mengetahui percis berapa surat suara yang sudah terkirim atau ada yang kurang, bahkan rusak.

“Kita butuh untuk tenaga pelipat surat suara ini antara 150-200 orang. Diharapkan dalam jangka tiga hari bisa tuntas dan siap untuk didistribusikan ke setiap TPS,” ungkap Bambang.

Sementara itu Sekretaris KPUD Lobar L. Suherman menambahkan, untuk kesiapan pelaksanaan Pemilu mendatang, pihaknya secara internal telah melakukan simulasi dan pelatihan internal kepada para karyawan KPUD Lobar mulai dari proses pencoblosan, penghitungan suara hingga melakukan rekafitulasi data suara dari para pemilih.

Suherman menambahkan, bagi wilayah-wilayah terpencil seperti di wilayah kepulauan (gili) ataupun daerah pegunungan juga menjadi perhatian KPUD Lobar bagi pendistribusian surat suara. Karena itu KPUD sudah mengantisipasinya agar surat suara tersebut dipastikan benar-benar aman. (her/Kominfo/KIM Gerbang)

print