Tanpa Kekerasan Fisik, MPLS Menyenangkan dan Gembira

Kuripan, Kominfotik/KIM. Ada pemandangan lain yang tergambar di lingkungan SMPN 2 Kuripan, Kamis (18/7/2019) pagi. Ratusan siwa baru hasil PPDB, sudah dikumpulkan untuk mengikuti massa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).
Sejak pukul 06.30 WIB, sekitar 149 siswa baru itu dikenalkan dengan berbagai program dan lingkungan di SMPN 2 Kuripan yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Tengah.
Menariknya, tak ada kekerasan atau kegiatan berbau fisik di hari keenpat MPLS itu. Sebaliknya, gelak tawa, suasana gembira tampak mendominasi roman para siswa baru tersebut.
” Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS).
Ketentuan MPLS untuk tahun ajaran ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016.”Kata Waka Kesiswaan SMPN 2 Kuripan H. Moh Wajdi, M.Pd. kepada wartawan di ruang kerjanya.
Dikatakan, tujuan utama MPLS adalah membangun suasana ramah, aman, nyaman dan menyenangkan bagi calon siswa baru. Karenanya, kegiatan perploncoan, hukuman fisik tidak mendidik atau pembulian senior kepada junior dilarang untuk dilakukan dalam MPLS.
“Suasana menyenangkan terlihat ketika peserta didik baru ini lomba yel-yel antar gugus,”katanya.
Dikatakan,berbagai meteri diberikan kepada peserta didik baru diantaranya materi pengenalan lingkungan sekolah, program dan cara belajar, latihan baris berbaris, pendidikan karakter dan bersih lingkunah.”“Tidak ada perpeloncoan, justru kita isi dengan kegiatan yang positif dan mendidik karakter anak,” terangnya. (Sahman)

print