Tim Reaksi Cepat Gontoran Peduli (TRC-GP) Desa Gontoran

img-20161130-wa0043Lingsar KIM, Desa Gontoran adalah salah satu dari 15 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Lingsar. Seperti hal lainya keamanan sangat dibutuhkan dalam menjaga ketertiban hubungan ber masyarakat. Bripka I Gede Arya Suantara selaku Bhabinkamtibmas Desa Gontoran bertanggung jawab penuh dalam hal melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat yang dibinanya.

Partisipasi masyarakat ikut menjaga keamanan dilakukan dengan berbagai cara. Di Desa Gontoran Kecamatan Lingsar puluhan masyarakat bergabung dalam Tim Reaksi Cepat yang tanggap setiap kejadian yang menonjol terjadi.

Arya, Bapak yang biasa bertugas di Desa Gontoran ini biasa dipanggil masyarakat. Selaku Bhabinkamtibmas Desa Gontoran, dia menyadari keresahan di desa yang dibinanya itu. Inisiatif masyarakat itu ia dorong untuk dilembagakan. Dengan adanya TRC Gontoran Peduli langsung ditangani begitu ada masalah, ujarnya.

Awalnya kata Arya, masyarakat resah ternak dan peliharaan warga kerab raib. Pencurian di desa itu seperti tidak ada habisnya pun demikian ketika musim hujan seperti sekarang ini ancaman bencana juga tidak jarang terjadi karna letak Desa ini dalam dataran rendah sangat dekat dengan sungai sehingga air sungai bercampur hujan kerap kali membanjiri jalan-jalan yang ada di desa tersebut.

Dari sana kita kumpulkan warga dari tokoh masyarakat,tokoh agama dan pemuda-pemuda Desa Gontoran yang mau ikut menjadi anggota,” terangnya. Kini anggota TRC-GP sudah mencapai 45 orang. Diantara tugas-tugas anggota TRC adalah dalam bidang Keamanan, Kebersihan dan Sosial Ekonomi. Arya bersama Kepala Desa langsung sebagai Pembina Tim tersebut. Arya juga menuturkan bahwa Secara kelembagaan TRC sudah diusulkan dalam Perdes Gontoran, untuk kepengurusanyapun sudah disahkan lewat Surat Keputusan Kades Gontoran.

Sudah tiga bulan TRC-GP bekerja dan nyata sangat dibutuhkan keberadaanya oleh masyarakat, hal itu juga sudah mendapat respon positif dan sangat mendukung dari Camat Lingsar dan akan diwacanakan untuk dibentuk di 15 desa di Kecamatan Lingsar Tim tanggap seperti ini. (Kardin)

print