Tingginya Partisifasi Peserta Di Musrenbangcam Narmada 2017

Narmada KIM. Bertempat di Gedung Pengendali Pendidikan Kecamatan Narmada pelaksanaan Musyawarah perencanaan pembangunan Kecamatan Narmada tahun 2017 digelar dengan di hadiri oleh semua Kepala Desa dan utusan masing masing Desa.

Musrenbangcam untuk perencanaan tahun 2018 itu juga di hadiri pleh Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Barat Dr. H Baehaqi, Camat Narmada dan utusan masinh masinh SKPD yang tergabung dalam TIM I Kabupaten Lobar.

Dalam sambutannya Abdul Manan, S.Sos Camat Narmada mengapresiasi semua peserta karena tingkat kehadiran pada musrenbang kali ini sangat penuh terbukti dari kurangnya tempat duduk peserta, padahal pihak panitia sudah menyiapkan tempat duduk lebih banyak dari jumlah undangan.

Manan Juga berharap musrenbang ini menghasilkan perencanaan pembangunan yang baik dan akan di kerjakan pada tahun 2018 mendatang.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Barat Dr.H Baehaqi menekankan bahwa sisten Musrenbang merupakan metode perencanaan pembangunan yang di gali dari bawah dan kemudian menjadi acuan pelaksanaan pembangunan daerah. Bukan sebaliknya menurunkan program dari atas ke bawah tampa melihat kebutuhan masyarakat.

Tampak juga hadir Anggota DPRD Provinsi dari Partai Gerindra M. Sabirin dan DPRD Lobar Ahmad Zainuri. Sabirin mengatakan akan siap mengawal semua usulan masyarakat melalui Musrenbangcam tentunya jika usulan tersebut berkaitan dengan Pemerintah Provinsi.

Sabirin juga menyinggung rencana pemekaran Narmada menjadi 3 kecamatan yang sudah masuk usulannya. Lagi lagi Sabirin menegaskan kesiapannya untuk mengawal itu di tingkat Provinsi.

Proses jalannya musrenbang di awali dengan pembagian pesertaenjadi 3 kelompok pembahasan. Yaitu kelompok sarana prasarana , kelompok ekonomi dan kelompok sosial budaya. Kemudian masing kelompok melakukan musyawarah menentukan usulan program setiap desa.

Di awali dengan penyampaian program kerja masing masing SKPD yang akan di laksanakan pada tahun 2017 kemudian di lanjutkan dengan pengusulan program masing masing desa untuk kegiatan tahun 2018.

Hendra Harianto salah seorang panitia dari pendamping lokal desa mengatakan bahwa prosea jalannya Musrenbang Kecamatan Narmada tahin 2017 sangat partisipatif, terbukti dari tingkat kehadiran peserta dan perwakilan perempuan sangat banyak.

“Hampir setengah peserta Musrenbang berasal dari kalangan perempuan dan prosea jalannya musyawarah sudah sesuai dengan perencanaan panitia”. Tegas Hendra. ( Satar)

print