Tips Hidup Sehat, BPJS Mataram Datangkan Binaragawan Nasional Ade Ray

Gerung, Kominfo. Guna mengajak masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Mataram menyelenggarakan sosialisasi pola hidup sehat dengan menggandeng Brand Ambasador atau Duta BPJS Kesehatan Ade Putu Ray di Bencingah Agung kantor Bupati Lombok Barat, Giri menang, Gerung, Kamis (4/7/2019).

Sekretaris Daerah Lombok Barat Ir HM Taufiq M.Sc menyatakan sebanyak 71 persen dari total penduduk Lombok Barat. Sisa dari jumlah penduduk Lobar tersebut diharapkan capaiannya bias maksimal tentunyasemakin gencarnya kerjasama dengan BPJS NTB.

“Kami berharap para peserta sosialisasi khususnya para ASN di Lombok Barat bias mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya terutama bagaimana mengikuti tips hidup sehat yang nantinya disampaikan Brand Ambasador Kesehatan BPJS NTB, Ade Ray. Selain itu kegiatan sosialiasi terkait program JKN-KIS perlu terus ditingkatkan guna memberikan pemahaman secara menyeluruh terhadap manfaat yang diterima peserta BPJK Kesehatan,” ujarnya.

Kepala BPJS Mataram dr. Muhammad Ali menjelaskan, wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Mataram yang mencakup tiga daerah yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Utara pencapaian kepesertaan cukup tinggi.

Meski masih terdapat sekitar 28 persen yang belum terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan., namun sisanya tetap menjadi target yang menjadi fokus perhatian sehingga pihaknya terus mendorong masyarakat agar segera mendaftar sebab banyak manfaat yang diperoleh.

Kabupaten Lombok Utara menjadi wilayah yang paling tinggi kepesertaan JKN disusul kota Mataram dan Lombok Barat.

Lebih lanjut Muhammad Ali menyatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman tentang hak dan kewajiban peserta JKN-KIS, informasi manfaat, dan mekanisme atau alur pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan.

“Kita semua tidak pernah tahu, apakah kita semua akan sehat terus menerus, dengan menjadi peserta JKN-KIS, maka kita menghidupkan budaya gotong royong yang merupakan salah satu prinsip dari JKN-KIS, di mana kita yang sehat membantu yang sakit, yang muda membantu yang tua, yang mampu membantu yang kurang mampu,”jelas dia.

Dalam sosialisasi ini, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Brand Ambassador, Ade Rai untuk menyampaikan materi inspirasi tentang Pola Hidup Sehat untuk menjadi pendorong samangat peserta JKN-KIS guna memulai pola hidup yang lebih sehat.

“Untuk menerapkan olahraga rutin pada setiap individu dan pola hidup sehat butuh pemahaman secara menyeluruh,” jelas Ade Rai.

Dikatakan, olahraga rutin memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya organ dalam, selama ini orang hanya memikirkan penampilan luar saja dan ini butuh pemahaman lebih lanjut.

Menurutnya, untuk menerapkan pola hidup sehat, termasuk di dalamnya melaksanakan olahraga rutin tidak cukup hanya dengan memotivasi tapi perlu adanya pemahaman secara maksimal oleh setiap individu terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Rai ikut memaparkan pentingnya masuk dalam program JKN-KIS, karena program tersebut menerapkan budaya gotong royong yakni membantu yang sakit.

Kegiatan sosialisasi yang menghadirkan binaragawan Indonesia tersebut mendapat sambutan antusias dari para peserta yang hadir dalam program sosialisasi program JKN-KIS Cabang Mataram terkait pola hidup sehat. (her)

print