Umat Hindu Jagaraga Dan Kuripan Gelar Pawai Ogoh-ogoh

Kediri – KIM.  Rangkaian Hari Raya Nyepi  1 Saka 1939 bagi Umat yang beragama Hindu yang ada di Kecamatan Kediri dan Kuripan melaksanakan pawai ogoh-ogoh.  Pawai dimulai dan dibuka di Pura Penataran Jagaraga Indah,  Senin 27/3. Pawai dilepas oleh Drh. I Nyoman Sembah Ketua Parisade Hindu Kabupaten Lombok Barat.

Pembukaan Pawai dihadiri oleh Ketua Parisade, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kediri, Waka Polsek Kediri, Kades Jagaraga Indah, Danposramil, Babin Kamtibmas, Babinsa Jagaraga Indah dan Pecalang serta ribuan masyarakat.

Ketua Parisade Drh. I Nyoman Sembah mengapresiasi penyelenggaraan acara Pawai Ogoh -ogoh yang lancar dan aman berkat kepedulian semua pihak terutama  pihak Kepolisian, TNI dan pihak pengamanan lainnya.

Sementara itu Kapolsek Kediri melalui pengeras suara menghimbau kepada seluruh peserta Ogoh-ogoh agar tidak ada yang mengkonsumsi minuman keras, menjaga ketertiban dan keamanan dan menciptakan situasi yang kondusif.

Berdasarkan catatan panitia, peserta pawai Ogoh-ogoh berjumlah 19 Unit berasal dari Dusun Tambang Eleh 6 unit, Dusun Lamper 2 unit, Dusun Jagaraga Barat 3 unit, Dusun Jagaraga Timur 2 unit, Dusun Krg. Lamper 2 unit, Dusun Tegal 2 unit dan Dusun Rempung 2 unit.

Rute pawai ogoh-ogoh star dari depan Pura Penataran Jagaraga menuju ke arah utara perbatasan Dusun Batu Tumpeng , balik arah ke selatan hingga finishnya di simpang empat Jagaraga di depan Pasar Jagaraga.

Setelah di arak, ogoh ogoh tersebut kembali melanjutkan kegiatan  Upacara Tawur Kesange menyambut Tahun Baru Saka 1939 sekitar pukul 17.00 wita di Pasar Jagaraga Indah untuk peserta dari Kecamatan Kediri dan Peserta dari Kecamatan Kuripan dilaksanakan di Dusun Lamper.

Pengamanan acara pawai ogoh-ogoh di pimpin langsung Kapolsek Kediri, Wakapolsek, Kanit Reskrim, Kanit Shabara, Kanit Intel, Kanit Binmas, Jajaran 8 Res Lobar, Anggota Jaga Sektor Kediri dan Anggota IK kediri sebagai Pamtup. KIM Subussalam/Sri Sukmawati

print