Warga Sekotong Timur Dapat Pengobatan Gratis

Sekotong KIM, Komunitas Masyarakat Berkepedulian ( KMB NTB ) Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat ( Pemda Lobar ) dalam hal ini Perangkat  desa Sekotong Timur Kecamatan Lembar melakukan kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di kantor  desa Sekotong Timur Minggu ( 26/2 ).

Kegiatan yang  berlangsung dari pagi hingga sore hari ini dimaksudkan untuk menyasar masyarakat terpencil dan miskin   yang ada di Kecamatan Lembar. Hal ini sesuai dengan yang diutarakan Kepala desa Sekotong Timur H. Ahmad.

Dikatakannya, Kegiatan pengobatan gratis ini dimaksudkan untuk menyisir Lima desa yang ada di Kecamatan Lembar yaitu desa Sekotong timur, Mareje, Mareje Timur, Eyat Mayang, Labuan tereng. Inisiatif ini diambil setelah  Melihat kondisi masyarakat  yang sangat membutuhkan perbaikan kondisi kesehatan.

Sementara itu Ketua KMB NTB Lalu Anton Hariawan di tempat yang sama mengatakan, Kegiatan Kemanusian sosial ini di maksudkan untuk menyisir  desa – desa terpencil yang jauh dari pasilitas kesehatan. Pengobatan gratis yang dilaksanakan di desa Sekotong timur ini adalah kegiatan Pertama di Lobar dan merupakan agenda  rutin yang akan menyisir  100 desa di Lobar.

Untuk tenaga Kesehatan KMB NTB telah menyediakan 45 tenaga Dokter dan Perawat. Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid yang datang dan menyapa masyarakat mengungkapkan, Pemda Lobar akan mendampingi KMB NTB untuk turun ke – 100 desa di Lobar.

” Program pengobatan gratis ini hendaknya terus dikembangkan karena memberi dampak yang besar terhadap kesehatan masyarakat di Lobar,” tegasnya.

Dari target 1000 orang yang menjadi sasaran kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan ini telah tercapai target 70 persen. Hal  senada ini sesuai dengan yang disampaikan Dr Solihin.

“Dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan, Sebagian besar pasien  menderita penyakit  rematik dan gatal – gatal. Untuk penyakit yang butuh pengobatan lebih jauh. kami sarankan pasien untuk memeriksakan diri di Puskesmas,” ungkapnya.

Pengobatan gratis di desa Sekotong timur ini diharapkan masyarakat sekitar bisa memberikan kesembuhan terhadap penyakit yang diderita. ” Kami harap obat yang diberikan lebih paten dari yang biasa kami dapat di Puskesmas,” pungkas Inak Saidah. )Budi – Kim Gerbang Gerung)

print