LOGO DISKOMINFOTIK
Beranda > Berita > Bupati H. Fauzan Khalid Minta Calon Jamaah Haji Lombok Barat Saling Tolong…
Berita Utama

Bupati H. Fauzan Khalid Minta Calon Jamaah Haji Lombok Barat Saling Tolong Menolong dan Jaga Kekompakan

Posting oleh diskominfolobar - 12 Juni 2023 - Dilihat 157 kali

Gerung, Diskominfotik. Sebanyak 388 Calon Jamaah Haji (CJH) beserta para keluarga yang turut mengantarkan memadati Kantor Bupati Lombok Barat (Lobar). CJH Lobar tergabung dalam keloter III (tiga), dimana keloter I dan II berasal dari Lombok Timur dan Lombok Tengah. Proses keberangkatan CJH Lobar tahun 2023/1444 H diawali dengan pelepasan oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar pada hari Kamis (08/06/2023). Hadir dalam acara tersebut, Sekda Lobar H. Ilham, Para Asisten, Para Staf ahli ,Kepala Kemenag Lobar, Ketua IPHI Lobar, dan kepala OPD terkait serta seluruh CJH.

Jika tahun lalu tepatnya 2022 keberangkatan CJH asal Indonesia dengan kuota terbatas, beda halnya dengan tahun ini, keberangkatan CJH kalinya ini dengan kuota penuh meski sebelumnya sempat fakum selama 2 tahun dikarenakan pandemi Covid-19.
CJH Lobar yang yang terbagi menjadi 8 rombongan ini rencannya akan diberangkatkan menuju Makkah pada tanggal 9 Juni 2023 tanpa harus melalukan transit terlebih dahulu dan kembali ketanah air pada tanggal 21 Juli 2023. 

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh CJH agar selalu menjaga nama baik negara Indonesia, dengan cara patuh dan taat atas aturan yang telah ditetapkan di Negara Arab Saudi. Hal ini termaktub dalam peribahasa yang disampaikannya "Dimana kaki dipijak, disitu langit dijunjung, artinya bahwa seseorang sudah sepatutnya mengikuti atau menghormati adat istiadat yang berlaku di tempat tinggalnya", jelasnya.

Selain kedatanggannya ke tanah suci Makkah sebagai tamu Allah, hal ini juga merupakan bentuk tanggung jawab sebagai deligasi negara. Selain berpesan kepada CJH supaya menjaga kekompakan dan saling tolong menolong, ia juga berpesan agar CJH selalu menjaga kesehatan serta perbanyak istirahat sebelum melakukan Ibadah Haji dan Umroh, sebab dikhawatirkan perbedaan cuaca sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik. "Menjaga kekompakan dan solidaritas terutama bagi CJH yang usianya tergolong muda dan sehat agar selalu mendahulukan lansia dalam kondisi dan aktifitas apapun sebagai wujud tolong menolong", pintanya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Lobar H. Iskandar dalam laporannya mengatakan bahwa CJH Lombok Barat Keloter III yang diberangatkan sebanyak 388 orang, terdiri dari 193 perempuan dan 195 laki laki, 115 diantaranya CJH lansia. Turut serta mendampingi para CJH ialah 1 orang Ketua keloter, 1 orang Dokter, 1 orang Pembimbing Ibadah, dan 2 orang paramedis hingga secara keseluruhan jamaah dan petugas berjumlah 393 orang yang akan berangkat menuju kota suci Mekah. "Tahun ini Jamaah tertua berusia 102 dan 100 tahun", jelasnya

Tahun ini keberangakatan CJH untuk wilayah Lobar bagian Utara yakni Kecamatan Batulayar sebanyak 40 orang jamaah, Gerung 38 orang, Kediri 56 orang, Gunungsari 62 orang, Kuripan 16 orang, Lingsar 41 orang, Labuapi 65 orang dan Narmada 67 orang.
"Tahun ini indonesia mendapatkan tambahan kuota sebanyak 8000 orang jamaah haji yang akan diberangkatkan", tutupnya.

(Diskominfotik: Feri/Windi)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *