LOGO DISKOMINFOTIK
Beranda > Berita > H. Fauzan Khalid : "Semangat Berqurban Sebagain Spirit Untuk Melawan Egois…
Berita Utama

H. Fauzan Khalid : "Semangat Berqurban Sebagain Spirit Untuk Melawan Egoisme dan Keangkuhan Karakter Pribadi Muslim"

Posting oleh diskominfolobar - 30 Juni 2023 - Dilihat 122 kali

Gerung, Diskominfotik - Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama Wakil Bupati Hj. Sumiatun dan Sekretaris Daerah H. Ilham melaksanakan shalat Idul Adha 1444 H/2023 M di Bencingah Agung Giri Menang Komplek Kantor Bupati, Kamis (29/6/2023).

Hadir juga mengikuti Salat Idul Adha diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat Drs. H. haryadi Iskandar, Ketua TP-PKK Lombok Barat Ny. Hj. Khairatun Fauzan Khalid, Ketua DWP Lobar Ny. Hj. Erni Zuhara Ilham, Para Kepala OPD Lingkup Pemda Lobar, anggota Forkopimda, para Camat, ASN dan Non ASN Lobar, tokoh agama dan tokoh masyarakat beserta warga masyarakat sekitar Kecamatan Gerung.

Adapun, perayaan hari raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kabupaten Lombok Barat ini mengusung tema “Semangat Berqurban Sebagain Spirit Untuk Melawan Egoisme dan Keangkuhan Karakter Pribadi Muslim".

Bertindak selaku imam ialah TGH. Ahmad Sudiharji dan selaku Khotib TGH. Abu Arif Aini, S.Ag, M.Pd pelatih cabang hifzul Qur'an LPTQ Kabupaten Lombok Barat.

Sebelum pelaksanaan shalat Idul Adha, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutannya meminta agar jamaah bersama- sama mendoakan semua jamaah haji yang sedang melaksanakan Ibadah. Tidak hanya itu, Bupati juga meminta agar jamaah juga medoakan diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Alhamdulillah tahun ini 1444 H kita kembali melaksanakan sholat Idul Adha di Bendingah Agung setelah selama ini selama Covid-19 kita tidakm  mudah-mudahan kedepan kegiatan semacam ini bisa kita lakukan termasuk kegiatan-kegiatan keagamaan yang lainnya.

Idul Adha menjadi momentum yang tepat untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama. Inilah sebenarnya inti dari Idul Adha.

Seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS setiap kita seharusnya meneladani Nabi Ibrahim Alaihissalam. Nabi Ibrahim tidak diperintah Allah SWT untuk membunuh Ismail. Ibrahim hanya diminta Allah untuk membunuh rasa kepemilikan terhadap Ismail, karena hakekatnya semua itu adalah milik Allah. Ismail kita mungkin harta kita, jabatan kita, gelar kita, ego kita, atau sesuatu yang kita sayangi dan kita pertahankan,” katanya.

“Semoga Allah SWT menganungerahkan kesolehan Nabi Ibrahim dan keikhlasan Nabi Ismail kepada kita,” pungkasnya.

Dan kita semua dalam kehidupan di dunia ini semuanya harus kita contohkan dan teladani termasuk dalam konteks posisi kita di pemerintahan bahkan dalam konteks semua posisi kita di segala sisi kehidupan, kita semua memberikan pengorbanan.

Sementara itu, TGH. Abu Arief Aini dalam khotbahnya menyampaikan bahwa hari ini adalah hari akbar, Tidak ada kata selain keikhlasan dan kepasarahan total kepada Allah SWT disertai usaha yang sungguh-sungguh,” kata TGH. Abu menyimpulkan isi khotbahnya.

Dimana saat ini para jamaah haji sedang melaksanakan prosesi ibadah haji. Ia juga menghimbau agar momen baik ini dijadikan ajang untuk mempererat silaturahmi.

"Selepas Sholat Idul Adha ini mari kita eratkan hubungan silaturahmi dengan bersalam - salaman dan saling memaafkan". Katanya.

Pada saat yang sama diumumkan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Barat pada tahun ini menyalurkan hewan qurban sebanyak
38 Ekor Hewan, yang terdiri dari 25 Ekor Kambing dan 13 Ekor Sapi. Seluruh hewan Qurban tersebut disalurkan kepada Lembaga kesejahteraan sosial anak, Lembaga Pemasyarakatan, Pondok Pesantren, Yayasan, Organisasi, dan Lembaga keagamaan lainnya. (Diskominfotik/Angge)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *