LOGO DISKOMINFOTIK
Beranda > Berita > Pj Gubernur Ntb Luncurkan Program Jumat Salam Di Lombok Barat
Berita Utama

Pj Gubernur NTB Luncurkan Program Jumat Salam di Lombok Barat

Posting oleh diskominfolobar - 31 Okt. 2023 - Dilihat 194 kali

Gerung, Diskominfotik. Penjabat (Pj) Gubernur, NTB  H.L. Gita Ariadi memilih Lombok Barat tepatnya kawasan wisata Kebon Ayu, Kecamatan Gerung sebagai lokasi peluncuran Jumat Salam (Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat) dan NTB Belondong. Kegiatan peluncuran ini dilaksanakan Jumat, 27 Oktober 2023. Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Guberbur NTB H.Lalu Gita Aryadi, Sesdirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Sekretaris Daerah Lombok Barat H.Ilhan, Pejabat Pemprov NTB, Pejabat Pemda Lobar dan masyarakat desa kebon ayu, Lombok Barat.

Dalam sambutannya Pj. Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi menyampaikan kegiatan jumat salam dan  jumat belondong merupakan metode atau cara Pemerintah Propinsi NTB untuk mendekatkan diri kepada masyarakat. Ia mengatakan bahwa kegiatan Jumat Salam ini diharapkan dapat memberikan input positif kepada Pemprov sehingga berbagai masalah di desa dapat diselesaikan. Selain itu ia juga mengatakan bahwa momen ini menjadi tempat yang efektif untuk menyerap berbagai aspirasi dan keinginan masyarakat kepada Pemerintah Daerah. "Kegiatan Jumat salam ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar kepada OPD sehingga pembangunan dapat berjalan baik dan maksimal"ujarnya.

Dalam kesempatan ini Pj. Gubernur NTB juga menyampaikan bahwa program Jumat Salam ini terinspirasi oleh program Jumat Bersih yang dilaksanakan di Lombok Barat. Menurutnya program Jumat bersih memberikan manfaat yang besar dalam pembangunan. Sehingga pihaknya meluncurkan program Jumat Salam dan Jumat Belondong di Kawasan Lombok Barat. Dalam kesempatan ini Gubernur juga menyampaikan bahwa Jumat Belondong merupakan program untuk memberdayakan UMKM lokal dan Penenun Lokal yang tersebar disemua wilayah NTB. Ia mengatakan bahwa melalui program Jumat Belondong ini semua Kepala Dinas dan Jajarannya wajib menggunakan sarung yang merupakam tenun lokal NTB. Hal ini tentu akan menggerakan ekonomi masyarakat yang ada di desa. "Saya bersama Perangkat Daerah (OPD) bergerak cepat dalam melaksanakan program kebijakan, yakni Jumat Salam dan NTB Belondong.  Pada program ini, seluruh OPD lingkup Pemprov NTB akan turun ke desa/kelurahan se NTB menyapa masyarakat dan menyelesaikan sejumlah persoalan yang ada di masyarakat. Pada kesempatan tersebut semua jajaran Pemprov wajib menggunakan Sarung tenum agar ekonomi masyarakat tetap bergerak" Jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama sekda Lombok Barat H. Ilham menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi NTB yang mempercayakan kabupaten Lombok Barat sebagai tempat launching perdana jumat salam dan Jumat Belondong. Ia mengatakan bahwa program ini sangat positif dan diharapkan dapat disinergikan dengan program yang ada di Lobar. Ia mengatakan bahwa Pemkab Lombok Barat memiliki program Pemda menyapa Desa yang rencananya dilaksanakan di desa desa yang tersebar di 10 kecamatan di Lobar. Menurutnya program Jumat Salam ini dapat dikolaborasikan dengan program Pemda menyapa desa.

Sekda juga menjelaskan lokasi diselenggarakannya jumat salam merupakan destinasi wisata desa yang dibentuk dari kreativitas anak-anak desa, sehingga populer dengan mengedepankan agrowisata. Sekda berharap pemerintah Daerah dan provinsi bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat baik di kabupaten Lombok Barat maupun di daerah lain. "Kami berharap agar kita dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam melaksanakan program ini. Karena program ini sangat penting dalam membangun  daerah kita tercinta"ujarnya.

Hadir dalam launching kegiatan jumat salam antara lain sesdirjen bina pemerintahan desa Kementrian desa, anggota forkopimda, kepala OPD, camat dan kepala desa. Peluncuran progam ini ditandai dengan pemukulan kentongan. Dalam kegiatan ini juga diluncurkan program NTB Belondong. (DISKOMINFOTIK/TIM IKP)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *