LOGO DISKOMINFOTIK
Beranda > Berita > Wabup Lobar Hadiri Peresmian Pabrik Porang Pertama Di Lombok
Berita Utama

Wabup Lobar Hadiri Peresmian Pabrik Porang Pertama Di Lombok

Posting oleh diskominfolobar - 27 Juli 2023 - Dilihat 145 kali

Sekotong, Diskominfotik - Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun didampingi Sekda Lobar H. Ilham menghadiri peresmian pabrik Porang di Dusun Tanak Genter Desa Persiapan Pesisir Emas Kecamatan Sekotong, Rabu (26/7/2023).

Tampak hadir Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Forkopimda Prov. NTB, Forkopimda Lobar, Kepala OPD Prov NTB, Kepala OPD pemda Lobar, Direktur PT. Rezka Nayatama beserta seluruh jajaran.

Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dalam arahannya meminta agar semua pihak harus terus bersama sama menjaga kondusifitas daerah agar memberikan kenyamanan bagi investasi di NTB. Ia juga mengungkapkan bahwa sebagai pemerintah memiliki peranan penting untuk memastikan lingkungan aman dan nyaman  bagi para investor.

"Jangan sampai ada investor tidak nyaman di daerah kita. Karena jika tidak nyaman akan sulit menyakinkan lagi,"terangnya.

Selanjutnya ia menegaskan, Tidak ada suatu daerah mencicipi kemakmuran kesejahteraan tanpa melalui proses industrialisasi. Baginya industrialisasi tidak melulu dengan pabrik besar ataupun urbanisasi namun industrialisasi dikatakannya merupakan cara paling pintas dan praktis bagi daerah untuk match of procces to home industralitation.

"Industrialisasi ini adalah cara kami untuk menuju kemajuan. Selama ini daerah kami hanya mampu melakukan traditional industri komoditi namun dengan hadirnya pabrik pengolahan porang ini menjadi sinyal industrilialiasi di NTB".

Sebelumnya Direktur PT. Rezka Nayatama Mahatma Ilham Panjaitan dalam sambutannya mengatakan, pabrik yang didirikan itu memiliki visi jelas memajukan daerah serta berkomitmen memajukan ekonomi kerakyatan melalui proses pengolahan umbi porang.

" Selain Proses produksi yang steril serta lebih mengedepankan kualitas melalui pengawasan setiap tahapan produksi. Kami juga berniat memajukan ekonomi masyarakat khususnya petani porang," kata Ilham.

Proses pengolahan umbi porang sendiri setelah melalui proses produksi mulai dari pengupasan kulit bahan baku (porang)didapat langsung dari petani Lokal Lombok utara dan Lombok Timur. Pengeringan furifikasi mekanis dan kimiawi hingga pengemasan akan dijadikan berbagai produk unggulan seperti Chips (Keripik) tepung glukomanan yang kaya dengan gizi dan nutrisi serta tepung konjac (olahan porang) berbagai olahan roti, hingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik. Produksi perdana ini diproduksi sekitar 2 ton porang dan diperkirakan 12 ton perhari dengan target tujuan ekspor ke negera asia seperti China, Jepang dan beberapa negara di Eropa,". lanjut Ilham. 

Sementara itu, melalui sambungan Zoom Menteri Koperasi UMKM RI Teten Masduki mengapresiasi atas diresmikannya pabrik porang di Lombok Barat, baginya dengan hadirnya industri pabrik porang akan memberikan nilai tambah bagi komoditas unggulan di Indonesia, utamanya bagi olahan yang bahan bakunya dari porang. (Diskominfotik/Angge/Juan)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *