LOGO DISKOMINFOTIK
Beranda > Berita > Asisten I Agus Gunawan Berharap Sensus Pertanian 2023 Gerbang Menuju Petan…
Berita Utama

Asisten I Agus Gunawan Berharap Sensus Pertanian 2023 Gerbang Menuju Petani Lobar Sejahtera

Posting oleh diskominfolobar - 5 Juni 2023 - Dilihat 70 kali

Gerung, Diskominfotik. Kegiatan Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Kab. Lombok Barat pada hari Selasa (30/05/2023) di Restoran Ujung Landasan Gerung. Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Asisten I Setda Kab. Lombok Barat Agus Gunawan. 

Kegiatan Sosialisasi Sensus Pertanian ini dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi NTB yang diwakili oleh Pejabat Fungsional Ahli Madya, Kepala BPS Kab. Lombok Barat Ir. Supratna, Kapala OPD Lingkup Pemkab Lobar, Camat Se-Kab. Lobar, Kelompok Tani Nelayan, dan Perusahaan Sektor Pertanian.

Asisten I Setda Kab. Lombok Barat Agus Gunawan mengawali sambutan memberikan apresiasi kepada BPS Kab. Lombok Barat atas terselenggara kegiatan Regsosek 2023 beberapa waktu yang lalu. Hasil Regsosek beberapa waktu lalu diharapkan menjadi satu data tunggal dalam penentuan dan pengambilan kebijakan oleh semua pihak terutama Pemda Lobar. Sehingga pihaknya berharap BPS Kab. Lobar menyampaikan data hasil Regsosek kepada Pemda. "Apresiasi atas suksesnya regsosek dari BPS, itu menjadi satu data kita. Menjadi satu-satunya sumber data bagi kita semua", ungkapnya.

Agus Gunawan menyampaikan dari data yang disampaikan bahwa Sensus Pertanian tahun 2023 ini merupakan Sensus Pertanian ke 7 yang dilaksanakan dalam kurun waktu 10 tahun sekali. Mengingat Lombok Barat ini menjadi salah satu kabupaten berbasis pertanian di NTB. Oleh karena itu, semua unsur pemerintahan untuk ikut mensosialisasikan kegiatan Sensus Pertanian 2023 (ST23). "Ini Sensus Pertanian ke 7 yang dilaksanakan dalam kurun waktu 10 tahu sekali. Lobar ini berbasis pertanian, mari kita sosialisasikan ke masyarakat", imbuhnya.

Asisten I Setda Agus Gunawan mengharapkan data hasil sensus pertanian 2023 disampaikan kepada Pemda. Data hasil sensus akan dijadikan sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan sektor pertanian dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan mewujudkan kesejahteraan petani. Dari data ini diharapkan agar segala bentuk program pertanian tetap sasaran. "Data hasil sensus untuk disosialisasikan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani. Semua program menjadi tepat sasaran dari hasil sensus pertanian. Harapan petani kita menjadi petani jaya", tutupnya.

Sementara itu Ketua Panitia Sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2023 Ni Ketut Alit menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni sebagai sarana penyebaran informasi terkait pelaksanaan sensus kepada masyarakat. Tujuan lainnya adalah memberikan pembekalan kepada pemangku kebijakan tata laksana sensus pertanian 2023. Sensus Pertanian tahun 2023 akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni s.d. 31 Juli 2023. "Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk penyeberan informasi terkait sensus pertanian kepada masyarakat", lapornya.

(Diskominfotik/Tim IKP)


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *